1

Ini Dia Cara Membuat Biografi

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Biografi Diri Sendiri bagi Mompreneur, menekankan pentingnya menulis buku biografi bagi para pebisnis. Maka, di artikel ini juga buat non-pebisnis yang ingin menulis biografi.

Dalam menyusun naskah biografi, pastinya tidak sama dengan ketika menulis untuk novel, buku nonfiksi komedi, buku pelajaran, dan yang lainnya. Yang paling membedakan adalah ada sosok menarik yang diangkat profilnya. Jika berniat membuat naskah biografi mengenai perjalanan hidup narasumber inspiratif, setidaknya melewati tujuh tahapan berikut.

Langkah pertama adalah berburu nama narasumber.

Buatlah daftar nama orang inspiratif yang kisah hidupnya layak untuk diketahui oleh banyak orang. Lalu, pilih salah satu dahulu agar lebih fokus mengejar satu narasumber. Bisa memilih karena sudah mengenal, profilnya menarik, dan lainnya.

 

Kemudian, segera hubungi narasumber.

Jika sudah menentukan satu nama, selanjutnya adalah menghubungi calon narasumber tersebut. Tanyakan apakah narasumber bersedia kalau profilnya dikupas lewat buku biografi. Bila setuju, maka dapat langsung masuk ke tahapan berikutnya. Namun kalau justru ditolak, Anda harus kembali ke langkah pertama.

Jika oke, maka risetlah.

Anggap saja narasumber tersebut setuju, itu artinya dapat melakukan riset seputar profilnya. Riset bisa dilakukan melalui data di internet, berita di media cetak, hingga informasi lainnya. Tujuannya agar sebelum sesi wawancara, Anda lebih mengenal narasumber sehingga memudahkan proses mengembangkan pertanyaan.

Berikutnya adalah melakukan wawancara kepada narasumber secara mendetail.

Gali sedalam mungkin dan temukan hal menarik yang tidak diketahui banyak orang. Langkah selanjutnya adalah wawancara beberapa komentator. Pilihannya bisa pasangan, putera-puteri, orangtua, partner kerja, sahabat dari kecil, dan masih banyak lagi.

Tahapan selanjutnya adalah menulis seluruh hasil riset dan wawancara.

Ada baiknya tetap membuat outline agar tidak mengalami writer’s block dalam proses penulisan. Perlu diketahui, menulis buku biografi juga membutuhkan sentuhan hati agar dapat mengena di benak pembaca kelak. Ungkapkan rasa narasumber secara detail ketika mengalami kegagalan hingga keberhasilan.

Langkah terakhir adalah mengirimkan ke penerbit atau melewati Indscript. Copywriting.

Pasalnya, Indscript Copywriting kerap menjadi “jembatan” antara (calon) penulis dengan penerbit. Kami, memiliki banyak jaringan untuk menembus penerbit yang disesuaikan dengan karakter naskah.

Untuk memotivasi Anda berhasil menulis buku biografi, Anda bisa membuat rencana harian lalu catat di Amazing Giant Calendar. Amazing Giant Calendar sahabat bagi siapa saja yang ingin sukses, dengan memetakan rencana harian lewat kalender besar. Bisa untuk (calon) penulis, pebisnis, dan profesi apa saja. Terlebih mudah dihapus dan bisa dipajang sehingga memudahkan Anda cukup membeli satu kali untuk digunakan selama satu tahun. Informasi dan pemesanan, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis biografi di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Pengunjung Juga Mencari:

  • membuat biofrafi
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
Selain Biodata Narasumber Wawancara, Anda Harus Tahu Ini untuk Menulis Biografi | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of weeks ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Membuat Biografi, maka artikel ini lebih fokus bagaimana menghadapi narasumber saat penulisan buku […]

Reply

Leave a Reply: