Ini Dia Cara Membuat Anak Disiplin Sejak Dini

Sebelumnya, Anda juga harus sudah membaca Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis untuk mengetahui cara membuat dan konsisten terhadap manajemen waktu. Pasalnya, untuk memudahkan Anda mengajarkan disiplin kepada anak sejak dini, sebaiknya Anda menjadi contoh dengan punya manajemen waktu sendiri. Dengan begitu, anak akan lebih mudah dan mau mengikuti Anda.

Agar Anda semangat memikili manajemen waktu dan anak juga belajar disiplin, sebenarnya manajemen waktu membuat Anda lebih bisa mengisi waktu dengan produktif. Pernah melihat ibu rumah tangga (IRT) yang aktif berbisnis? Ternyata bisa tanpa lupa tugasnya sebagai istri dan ibu karena punya manajemen waktu. Jadi, Anda bisa tahu harus melakukan apa dahulu, lalu dikerjakannya pun satu per satu.

Mari membuat manajemen waktu untuk anak-anak, dengan cara berikut ini:

Yang pertama, buat jadwal harian. Usahakan anak yang membuat sendiri jadwal harian mereka. Dari mulai bangun tidur hingga tidur malam, setiap harinya. Jangan lupa, masukkan waktu belajar, mengerjakan pr, makan, ibadah, membersihkan kamar, bermain, dan semuanya agar seimbang antara belajar dan bermain.

Contoh:

05.00-05.20= Bangun tidur, sholat, mandi.

05:20-05:30= Menyiapkan tas sekolah

05.30.06.00= sarapan

06.00-13.00= sekolah

Dan seterusnya sampai tidur malam kembali, ya. Jadi menulis kegiatannya harus runtun dari bangun pagi hingga tidur malam. Selain itu, harus ada waktunya dikerjakan dari jam berapa sampai dengan jam berapa. Hal ini memudahkan Anda juga, ketika waktu bermain selesai ya ingatkan anak untuk mematuhi jadwal hariannya.

Yang kedua, masukkan jadwal khusus di hari tertentu.

Biasanya, setiap anak tidak melakukan hal sama terus setiap harinya. Ada yang dilakukan hanya hari-hari tertentu. Misalnya, hari Senin itu les piano, lalu hari Rabu itu les panjat tebing, kemudian hari Jumat ada latihan rebana di masjid dekat rumah. Maka, pastikan Anda mengajak anak untuk mencatat kegiatan yang dilakukan di hari tertentu saja.

Contoh catatan bisa seperti ini:

Hari Senin => les piano

Hari Selasa => les pelajaran

Hari Rabu => les panjat tebing

Hari Kamis => les pelajaran

Hari Jumat => latihan rebana di masjid dekat rumah

Hari Sabtu => boleh main gadget 1 jam per hari

Hari Minggu => latihan menari di lapangan kompleks

Agar anak semangat memiliki manajemen waktu sekaligus belajar disiplin, maka ajak anak membuka dan mengisi Daily Activities for Kiddos (salah satu Superboard dari Indscript). Papan tersebut memang dibuat khusus bagi anak-anak, dengan desain yang menarik dan warna cerah yang memang disukai oleh anak-anak.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: