1

Ini Dia 6 Ciri Pebisnis yang Bisa Sukses

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Diperhatikan oleh PebisnisΒΈ Anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Maka, di artikel ini akan menjelaskan apa saja yang harus miliki agar menjadi pebisnis yang sukses. Setidaknya, 6 hal di bawah ini harus Anda lakukan jika ingin melesatkan bisnis.

Yang pertama, punya inisiatif.

Menjadi pebisnis, artinya Anda harus siap menghadapi banyak tantangan. Untuk mengatasi semua tantangan tersebut, perlu dibangun jiwa yang inisiatif. Misalnya, sebelum konsumen bosan dengan produknya maka Anda berinisiatif segera meluncurkan barang lagi dengan fitur yang baru, atau ketika mendapatkan komplain maka Anda segera berinisiatif memberikan hadiah agar konsumen mau membeli lagi.

Yang kedua, perluas jaringan.

Bisnis Anda tidak akan bisa berkembang tanpa konsumen, tanpa tim yang sama-sama bekerja keras, tanpa partner bisnis seperti suplier. Maka, perluas jaringan pertemanan Anda. Bisa bergabung di komunitas bisnis karena pasti punya anggota yang beragam, mengikuti kelas bisnis juga bisa bertemu teman baru, setelah wawancara juga masih kontak dengan wartawannya.

Yang ketiga, punya manajemen diri.

Anda harus bisa menjadi contoh bagi anak buah. Jika Anda ingin memiliki karyawan yang produktif, maka Anda juga harus produktif dahulu sekaligus memberikan contoh. Jelaskan bagaimana Anda melakukan manajemen diri, agar bisa mengelola bisnis dengan bahagia, mendapatkan ide-ide inovasi, dan hal positif lainnya.

Yang keempat, cerdas berorganisasi.

Ketika sudah masuk ke komunitas bisnis, jangan bersikap silent reader. Sayang sekali. Justru, Anda harus aktif di dalamnya. Semakin Anda aktif di komunitas, maka anggota komunitas tersebut juga akan mengetahui sosok Anda dan bisnis. Secara tidak langsung, bisa membuat bisnis Anda kian dikenal oleh banyak orang.

Yang kelima, bersikap persuasif.

Walaupun di bisnis Anda sudah punya tim marketing tersendiri, tetapi tidak ada salahnya jika Anda terus promosi. Anda bisa menggunakan akun media sosial untuk promosi. Baik itu promosi berupa branding diri sendiri sebagai pebisnis, promosi produk yang Anda jual, atau promosi jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Yang keenam, pastikan Anda mengenali bisnisnya.

Itulah fungsi kenapa Anda harus fokus pada satu bidang bisnis terlebih dahulu. Pasalnya, Anda akan menjadi ahli di bidang tersebut. Misalnya, Anda fokus berbisnis gamis, maka Anda akan ahli dalam memilih kain, menentukan desain, hingga seolah-olah benar-benar memahami yang diinginkan target marketnya.

Apakah Anda sudah melakukan 6 hal di atas? Jika belum, catat 6 hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif milik Anda sendiri. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com