Ini Dia 10 Usaha Kecil Sukses

Walau berbisnis dengan modal minim, atau bahkan tidak menggunakan modal uang sama sekali, tetapi memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Anda bisa melakukan 10 langkah di bawah ini.

Satu, lakukan identifikasi bisnis.

Hal utama yang harus dilakukan adalah mencatat identifikasi bisnis. Antara lain nama bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, membuat media sosial, harga, target market. Semua catatan tersebut sebagai panduan Anda menjalankan bisnis.

Dua, membuat program, minimal 1 bulan ke depan.

Buat program untuk satu bulan ke depan. Program promosi yang akan dilakukan, konten di emdia sosial, hingga di akhir bulan bisa melakukan evaluasi.

Tiga, pisahkan uang bisnis dengan pribadi.

Lakukan sekarang juga! Pisahkan dompet pribadi dan dompet bisnis. Jika konsisten melakukan ini, Anda akan tahu apakah bisnisnya rugi atau untung, jumlah nominal keuntungan atau kerugian, uangnya bisa diputar sebagai modal berikutnya.

Empat, miliki catatan keuangan dan konsisten.

Walau hari ini hanya berhasil menjual satu produk saja yang harganya paling murah, tetap harus dicatat. Sekecil apapun, setiap transaksi keuangan bisnis harus dicatat.

Lima, miliki data calon prospek.

Status Anda baru saja mendapatkan jumlah like? Jangan biarkan begitu saja. Tapi sapa mereka secara personal. Catat nama FB mereka dan kelak Anda bisa melakukan prospek kepada mereka. Ingat! Prospek secara personal bukan spam, ya.

Enam, catat data konsumen.

Catat pula nama lengkap, alamat pengiriman, jumlah order, nomer HP, akun media sosial setiap konsumen. Data tersebut bisa menjadi alat Anda memetakan target market. Umumnya, laki-laki atau perempuan, domisilinya di mana, dan lainnya.

Tujuh, kelola reseller.

Punya reseller yang aktif jualan? Jangan senang dulu. Anda harus merawatnya dengan menjaga komunikasi, seperti berikan tips bisnis, membuka kesempatan konsultasi bisnis, atau sekedar menyapa.

Delapan, catat data reseller.

Selain mengelola, Anda harus memiliki data reseller. Antara lain nama lengkap, alamat, no HP, akun media sosial. Tujuannya jika kehilangan kontak HP, Anda tetap bisa menghubunginya lewat media sosial.

Sembilan, buat inovasi secara berkala.

Inovasi adalah salah satu “senjata” jika ingin bisnisnya berkembang. Anda bisa membuat rencana akan melakukan inovasi setiap sebulan sekali, atau tiga bulan sekali, atau waktu lainnya. Sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri.

Sepuluh, menggali ilmu bisnis.

Mau sukses? Ya kenali rahasianya dengan belajar ilmu bisnis, lalu action berdasarkan ilmu tadi. Salah satunya, Anda bisa mengenali cara laris walau tanpa beriklan (ads).

Untuk itu, Indscript Creative siap membocorkan rahasia agar produk atau jasa bisa laris tanpa ads. Silahkan klik JOIN WAITING LIST LARIS TANPA ADS untuk mendapatkan informasi terbaru.

Nah, ingin sukses? Lakukan 10 hal di atas.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com