Ilmu Marketing Bisnis agar Tim Pemasaran Melesat

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga¸ maka Anda sudah punya bayangan akan berbisnis produk atau jasa tertentu. Selanjutnya, Anda harus tahu bagaimana mengelola tim marketing. Pasalnya, promosi adalah ujung tombak bisnis. Tapi, ada satu hal yang sering dilupakan pebisnis, yaitu menyiapkan naskah marketing. Kenapa?

Satu, naskah marketing akan memudahkan tim ketika berjualan.

Ketika ada beberapa orang yang masuk ke jaringan marketing Anda, misalnya menjadi marketer atau reseller, sementara mereka baru terjun sebagai pebisnis, maka mereka membutuhkan panduan. Salah satunya naskah bagaimana berkenalan dengan teman baru. Contohnya, “Hai, Mak. Terima kasih sudah menerima pertemanan saya. Boleh tahu aktivitas sehari-hari apa?”

Dua, membuat tim marketing bergerak lebih cepat.

Misalnya, Anda sudah membuat FAQ produk lalu diberikan kepada marketer. Ketika ada yang bertanya, seperti bahannya apa? Atau bonusnya apa? Maka marketer cukup membuat naskah FQA dan copy dan paste ke chat calon konsumen. Tentu ini memangkas waktu dari pada harus bertanya kepada Anda dahulu.

Contoh FAQ:

T: Sist, bahannya apa sih?

J: Bahannya dari ITY. Cirinya itu lembut sehingga cocok buat cuaca tropis sini. Terus elastis jadi bisa dipakai oleh semua ukuran tubuh.

Dan seterusnya.

Nah, cek apa saja yang kerap ditanyakan oleh calon konsumen, lalu Anda buatkan naskah FAQ seperti itu, ya.

Tiga, memudahkan tim ketika mendapatkan komplain.

Komplain adalah hal yang susah Anda hindari. Tapi jangan sampai membuat konsumen kapok berbelanja kepada Anda. Maka, ajarkan kepada tim pemasaran bagaimana menghadapi komplain. Misalnya, Anda bisa menyiapkan naskah untuk menghadapi konsumen yang kecewa.

Contoh:

T: Produknya sudah sampai, tapi kok robek, ya?

J: Alhamdulillah kalau sudah sampai. Wah, robek ya? Boleh minta tolong difotoin?

Ketika konsumen sudah memberi bukti, maka ada naskah lain:

“Mohon maaf, ya, atas ketidaknyamanan ini. Nanti kami akan kirimkan produk yang sama tanpa ada biaya lagi.”

Atau, Anda punya kebijakan apa ketika menghadapi komplain? Dengan adanya naskah membuat tim pemasaran punya panduan sendiri. Pasalnya, setiap bisnis tentu punya standar tersendiri ketika memberikan kompensasi dari komplain dari konsumen yang datang.

Yuk! Mulai sekarang buat naskah untuk marketing bisnis Anda.

Agar bisnis Anda bisa berkembang, pakai Superboard adalah alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: