Ilmu Dasar Berbisnis yang Harus Diketahui

Menjadi pebisnis tidak hanya belajar bagaimana mendapakan keuntungan yang sebesar-besarnya. Tidak pula hanya mengurus bagaimana promosi yang efektif itu. Menjadi pebisnis itu justru wajib siap mengurus berbagai hal dari yang sederhana hingga rumit. Artinya, menjadi pebisnis dituntut agar menguasai bidang-bidang yang lainnya. Apa saja yang setidaknya pebisnis harus pahami? Berikut ini jawabannya.

Satu, bidang keuangan.

Seorang pelaku usaha harus memiliki ilmu di bidang keuangan. Perlu diketahui, mengatur keuangan adalah keahlian yang wajib diiliki oleh pebisnis agar arusnya berjalan lancar sekaligus memberi dampak positif bagi usahanya. Dimulai dengan memisahkan antara uang pribadi dan kas kantor, menentukan budget pada setiap pos, mengeluarkan gaji, dan yang lainnya.

Dua, pajak.

Selain keuangan, seorang pebisnis harus melek mengenai perpajakan. Ada baiknya Anda mencari informasi apakah usahanya tergolong wajib pajak atau tidak. Apalagi ada kejadian pengusaha yang bangkrut karena tidak tahu dan bertahun-tahun tidak pernah membayarkan pajak. Rasanya, jangan sampai karena kelalaian perihal pajak menggiring Anda pada keterpurukan bisnis.

Tiga, branding.

Begitu pula pentingnya belajar mengenai personal branding. Sebagai pebisnis, entah itu masih berskala kecil maupun sudah besar, sangat dianjurkan untuk membangun personal branding. Jika personal branding Anda kelak sudah kuat, maka tidak perlu membayar mahal untuk posisi brand ambassador yang umumnya berasal dari kalangan artis. Melalui personal branding yang positif dapat meningkatkan kepercayaan khalayak terhadap produk atau jasa Anda. Caranya, Anda cukup membuat status seputar aktivitas bisnis Anda setiap hari, sehingga perlahan-lahan Anda dikenal sebagai pebisnis.

Empat, jejaring.

Tidak ketinggalan, menjadi pebisnis tentu harus terus berjejaring seperti di komunitas. Di wadah tersebut, tidak hanya mendapatkan informasi seluk beluk bidang bisnis, tetapi juga sesekali mengadakan sesi diskusi bidang lain, seperti dari konsultan keuangan, konsultan pajak, konsultan branding, dan masih banyak lagi.

Lima, promosi sebagai ujung tanduk.

Maksimalkan cara promosi online dan offline. Selengkapnya sudah ditulis pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mempromosikan Produk Secara Offline atau Online. Jika dua jalur berjalan lancar, akan meningkatkan omset bisnis Anda.

Enam, mengenali bisnisnya.

Jangan asal jalan berbisnis, tapi petakan bisnis Anda sejak nol. Antara lain namanya harus mewakili bidang bisnis, tagline agar lebih mengena di mata konsumen, visi dan misi sebagai panduan berbisnis, dan yang lainnya seputar data bisnis.

Sebelum tahun 2018 datang, ada baiknya Anda membuat rencana bisnis setiap hari di Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menghadapi persaingan bisnis di tahun baru?

Tentu dengan kalender baru yang mendukung.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: