Hal Penting dalam Copywriting

Sebagaimana naskah yang ditulis untuk sebuah skenario drama ataupun film, di dunia bisnis sangat diperlukan adanya copywriting khususnya untuk penyampaian informasi terkait bisnis atau apa yang disebut dengan istilah iklan atau penawaran. Terdapat hal penting dalam copywriting yang harus dipahami baik oleh pebisnis maupun oleh copywriter.

Yang pertama adalah di dalam bisnis, tujuan utama adalah membuat barangnya laku keras di pasar dalam jangka waktu panjang atau bahkan tak terbatas. Kedua, bisnis diharapkan tidak memiliki gejolak masalah yang dapat menimbulkan kerusakan dari bisnis tersebut. Untuk itu sebuah tulisan harus dapat membawa bisnis semakin hebat dan berkembang.

Hal-hal penting dalam copywriting yang perlu diperhatikan.

  1. Copywriting harus benar-benar menyampakan produk secara detail khususnya di dalam membuat sebuat materi iklan ataupun penawaran.
  2. Tidak membuat kebohongan. Kalaupun hiperbola yang tertulis untuk menjadikan produk nampak apik mungkin masih dapat diperbolehkan. Namun penipuan ataupun pembohongan kepada khalayak mengenai produk tidak boleh dilakukan.
  3. Harus mampu menghipnotis seorang pembaca, sehingga pembaca menjadi tertarik membeli. Hipnotis di sini adalah pengungkapan dengan kalimat yang enak dibaca, membuat seorang menjadi tertarik mengenal apa yang ditawarkan. Sebagai contoh ketika menuliskan sebuah produk kosmetik adalah sebagai berikut : “Ketika Anda menggunakan bedak yang selembut kabut, dipadu dengan pendaran rona blush on penuh pesona dan pulasan eye shadow nan menawan, maka Anda bak peri cantik yang mampu menghadirkan diri nan anggun penuh percaya diri.” Mungkin akan terkesan dilebih-lebihkan. Namun tulisan yang menghipnotis mampu membuat pembaca menjadi terkenang terhadap tulisan tersebut dan berkeinginan untuk menyentuh produk yang ditawarkan.
  4. Harus mampu membaca pasar yang dibidik. Seorang copywriting harus mampu memahami siapa saja segmen pasar yang dituju. Penulisan untuk kalangan menengah ke bawah tentu saja berbeda dengan penulisan produk guna ditawarkan kepada kalangan menengah ke atas atau kaum elit.
  5. Memahami secara pasti mengenai jenis usaha dan produk ataupun lahan bisnis yang ditulis. Dengan memahami dan mengenal lingkungan bisnis secara detail, maka tulisan akan menjadi hidup, berbobot dan mengandung daya pikat bagi pembaca informasi yang ditawarkan.

Demikian beberapa hal penting dalam copywriting.

Untuk mendukung agar hasil pekerjaan maksimal, sebaiknya setiap orang memiliki target harian dalam bekerja, lalu catat di Metrik Pencapaian (salah satu Superboard dari Indscript). Metrik sudah melalui uji coba 1 tahun dan ternyata berhasil membuat pemiliknya mencapai target. Maka, ini saatnya Anda bergabung dengan lebih dari 1.234 pebisnis yang menggunakan Metrik pencapaian.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com