Hal-Hal yang Merusak Reputasi di Dunia Maya

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Perkembangan internet memang membuka peluang besar dalam memasarkan bisnis. Jangkauan yang luas dengan biaya marketing minim memberi angin segar bagi para pebisnis. Namun, ada hal-hal yang dilarang Anda lakukan. Tidak adanya aturan tertulis tersebut dapat merusak reputasi. Berikut poin-poin yang jangan pernah dilakukan.

Kehidupan melalui internet dipakai oleh berbagai karakter orang. Tidak ada yang dapat memaksa para netizen harus sesuai dengan pemikiran Anda. Perbedaan ini terkadang melahirkan perselisihan. Muncul lah istilah twitwar atau perang di dunia maya. Untuk itu, hindari membalas atau menulis kata-kata kasar. Ada baiknya Anda hati-hati setiap sebelum memberi respon.

Memiliki akun jejaring sosial adalah kewajiban entrepreneur. Karena bisa sekaligus untuk membangun personal branding. Tidak jarang, followers Anda adalah konsumen juga. Serta tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan komplain secara langsung. Maka, jangan pernah bersikap cuek kepada tulisan kekecewaan konsumen tersebut. Beri perhatian, minta maaf bila perlu, lalu jelaskan secara santun.

Akun media sosial dapat dimanfaatkan sebagai wadah berjualan. Pastikan semua yang Anda sebar tersebut adalah fakta. Bila pernah ketahuan kalau informasinya hoax atau tidak benar, akan meruntuhkan kepercayaan konsumen. Contohnya, mengatakan di dunia maya kalau produksi sabun Anda menggunakan bahan bengkoang. Tetapi kenyataannya justru sebaliknya. Jangan sekali-kali Anda berani mencobanya.

Hindari terlalu sering menyebarkan promosi produk atau jasa Anda. Karena akan terkesan akun media sosial tersebut hanyalah spam tanpa ada info menarik. Gabungkan dengan sesekali menyebarkan tips seputar bidang yang digeluti, mengajak diskusi mengenai berbagai hal, hingga yang ringan yaitu menyapa followers. Hal tersebut dapat membuat kawan jejaring sosial bertahan.

Poin-poin di atas memang tidak tercantum dalam dokumentasi formal. Walaupun begitu, Anda wajib mengetahuinya agar reputasi di dunia maya terjaga. Setelah sekian lama membangun personal branding, tentunya tidak ingin jatuh karena hal-hal di atas. Untuk mengembangkan personal branding Anda, dapat melihat video berikut. http://www.youtube.com/watch?v=ad0RqzNu94o. Karena lewat personal branding yang kuat dapat melejitkan bisnis Anda.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.