Gabung Komunitas Bisnis buat Ibu Rumah Tangga (IRT)

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Tujuannya, Anda bisa menghindari masalah tersebut, atau jadi tahu solusinya apa ketika masalah tersebut datang. Selain itu, dalam berbisnis Anda harus ikut ke komunitas bisnis. Tapi sayangnya, masih ada yang mengaku nggak pede gabung di komunitas.

Yang pertama adalah Anda harus yakin kalau anggota komunitas itu mayoritas berasal dari orang-orang yang tidak saling kenal.

Hanya saja, mungkin mereka lebih dahulu masuk sehingga sudah saling mengenal satu sama lain. Jadi, meski Anda sebelumnya tidak kenal terlebih dahulu, ya nggak perlu minder karena butuh proses saling mengenal kok.

Yang kedua adalah Anda harus mencari motivasi agar semangat di komunitas bisnis.

Misalnya, kalau masuk komunitas bisnis maka Anda akan mendapatkan teman-teman seperjuangan dalam berbisnis dari rumah, bertemu dengan teman yang paham ketika curhat, hingga mungkin bertemu suplier yang tepat. Jika ingat motivasi tersebut, maka akan membuat Anda pede untuk bergabung.

Yang ketiga adalah harus aktif sehingga bisa berkenalan dengan anggota lainnya.

Iya, Anda harus aktif di komunitas. Pasalnya, bisa juga berdampak ke bisnis Anda. Misalnya, Anda aktif di komunitas bisnis, maka mereka akan mengingat Anda sebagai pebisnis produk XXX. Lalu, ketika mereka butuh produk tersebut ya langsung ada closing deh.

Yang keempat adalah Anda harus berani memberi komentar di komunitas bisnis yang berlangsung secara online.

Ada komunitas yang wadahnya adalah grup FB, atau grup WA, dan grup lainnya. Maka, Anda jangan menjadi silent reader saja, tapi harus mau berkomentar atau chatting sehingga anggota lain tahu siapa Anda dan bisnisnya apa.

Yang kelima adalah Anda harus berani datang ke kopi darat (kopdar).

Di komunitas online, biasanya ada agenda kopdar, yaitu bertemu secara offline. Pasalnya, selama ini hanya mengobrol lewat online, maka perlu offline sehingga makin kenal satu sama lain. Jika Anda merasa belum pede, bisa mengajak teman lain dahulu untuk bergabung kopdar.

Salah satunya adalah komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) yang lahir pada tanggal 8 Oktober 2011 ini, bertujuan mengembangkan potensi para pebisnis perempuan. Anggotanya terdiri dari beragam latar belakang, dengan bidang bisnis bermacam-macam, serta dari kalangan profesional hingga yang baru ingin terjun di sebagai pebisnis. Bahkan, terbuka kesempatan untuk bekerja sama antara sesama anggota baik sebagai produsen, menjadi reseller, atau menjadi marketer.

Komunitas IIDB berada di payung Indscript Creative yang memang fokus pada pemberdayaan perempuan, khususnya di bidang menulis dan atau bisnis, agar perempuan di mana saja terus produktif, termasuk bagi yang banyak berada di dalam rumah. Untuk bergabung dengan komunitas IIDB silahkan KLIK DI SINI agar bisa masuk ke grup facebook-nya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com