Evaluasi Hasil Usaha yang Harus Dilakukan

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini khusus membahas bagaimana melakukan evaluasi yang tepat agar membuat bisnis bisa makin berkembang dari waktu ke waktu. Setidaknya, Anda harus melakukan evaluasi di 6 hal ini.

Satu, omset.

Omset adalah hal penting jika ingin bisnisnya bertahan lama. Sebaiknya, Anda punya catatan keuangan detail, hingga tahu berapa omset harian Anda. Tujuannya, untuk mengetahui apakah omsetnya semakin hari kian menurun atau justru semakin naik. Ketika semakin turun, maka Anda bisa dengan cepat mencari solusi sehingga bisa menaikkan omset lagi.

Dua, pelanggan.

Jangan pernah puas dengan memiliki sekian orang yang mau menjadi pelanggan. Tapi cari terus calon pelanggan hingga mau menjadi pelanggan. Nah, Anda bisa melakukan evaluasi apakah ada pelanggan yang sudah lama tidak order lagi. Jika ya, Anda bisa membuat inovasi dengan menyiapkan voucher sehingga mereka mau belanja lagi kepada Anda.

Tiga, minat.

Lakukan evluasi juga seputar bagaimana minat target market Anda? Apakah mereka lebih suka dengan promo yang Anda tawarkan? Atau, mereka lebih suka dengan tips yang sering Anda berikan? Dengan begitu, Anda memudahkan Anda ketika membuat keputusan akan melakukan inovasi apa.

Empat, karyawan.

Anda juga harus melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan. Misalnya, apakah selama ini banyak komplain produk? Jika ya, maka harus melakukan evaluasi di tim produksi, atau apakah selama ini banyak komplain mengenai respon yang lambat? Maka cek lagi bagaimana kinerja tim CS Anda.

Lima, sistem organisasi.

Sesekali, tanyakan kepada tim bagaimana alur kerja mereka? Apakah terlalu ribet dan bisa Anda persingkat lagi agar lebih efektif? Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada konsumen apakah slow atau fast respon? Jika slow respon, apakah mungkin karena sistem bisnis Anda yang kurang efektif?

Enam, bagaimana pertumbuhan bisnis Anda?

Secara berkala, kenali juga bagaimana pertumbuhan bisnis Anda. Apakah semakin naik atau justru kian menurun? Dengan cara ini bisa membuat Anda melakukan evaluasi dan perbaikan lagi.

Agar maksimal, Anda bisa menggunakan Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: