Etika dalam Dunia Bisnis yang Wajib Diketahui

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sudahkah membaca artikel yang sebelumnya, yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Selain itu, sebagai pebisnis tentu menuntut Anda harus belajar banyak hal. Antara lain soal promosi agar makin banyak kosnumennya, proses produksi agar menghasilkan barang yang berkualitas, atau membuat standar pelayanan bagi bisnis bidang jasa, hingga memilih karyawan sesuai potensi sehingga berjalan produktif. Namun, yang tidak kalah penting adalah mengenali etika berbisnis.

Salah satu ciri pelaku usaha yang mengenal etika berbisnis adalah bersikap jujur.

Termasuk dalam bidang promosi, yaitu dengan memberi informasi berdasarkan fakta mengenai produk atau jasanya. Sebagai contoh, Anda menuliskan bahan produk tanpa ada yang dikurangi atau ditambahi. Bila Anda bergerak di bidang jasa, harus menuliskan fasilitas yang memang akan diterima oleh pengguna.

Selain itu, pelaku usaha yang paham etika bisnis selalu membuka dialog dengan anak buahnya.

Pebisnis harus siap menerima masukan dan kritik dari karyawannya demi berkembangnya usaha sekaligus dapat berkembang bersama-sama. Jadi, bukan sekedar memberi perintah tanpa menyiapkan fasilitas dan dukungan bagi karyawannya untuk berkembang.

Tidak ketinggalan, pebisnis harus menghasilkan produk atau jasa yang tidak merugikan masyarakat luas.

Misalnya, jangan sampai sampah bisnis justru meracuni lingkungan di sekitar, atau menggunakan bahan yang berbahaya tanpa menuliskan di dalam info produk, hingga menawarkan jasa kuliner tetapi tidak menjaga kebersihan sehingga dapat membuat konsumen keracunan.

Pastikan Anda tidak menjelekkan bisnis kompetitor.

Lakukan persaingan yang sehat dengan menonjolkan nilai produk Anda, dan tidak sibuk mencari kekurangan kompetitor lalu disebar luaskan. Kelemahan kompetitor cukup Anda ketahui lalu gunakan sebagai bahan referensi Anda membuat inovasi bisnis saja.

Misalnya: Anda tahu kalau kelemahan kompetitor itu makanannya tidak tahan lama. Maka Anda membuat produk yang aman dan bisa lebih tahan lama. Kemudian, Anda tonjolkan nilai produk Anda, yaitu aman dan tahan lama. Dengan begitu, persaingan bisnis akan berlangsung dengan sehat.

Agar mudah diingat, Anda bisa hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.