Dari Blog Jadi Buku yang Diterbitkan

Seperti penjelasan di artikel yang berjudul Ingin Jadi Penulis? Lakukan 5 Langkah Ini Dulu, maka sangat disarankan bagi yang suka menulis bisa latihan di blog. bahkan, dari tulisan di blog bisa jadi buku.

Salah satu cara untuk menarik perhatian penerbit adalah melalui blog. Saat ini, banyak editor yang mencari naskah lewat blog. Dengan membaca blog, editor dapat mengetahui gaya penulisan pemilik blog, mendapatkan cerita atau karakter yang unik, dan masih banyak lagi. Maka, blog dapat menjadi portfolio.

Satu, tentukan tema blog.

Ada baiknya Anda menciptakan tema isi blog. Contohnya, tentang parenting, cerita konyol, cerita bersambung, dan masih banyak lagi. Namun, bila tidak memungkinkan dapat menulis dari berbagai tema. Tidak masalah bila belum menemukan tema yang tepat sekarang. Seiring waktu perlahan akan membentuk ciri tulisan lalu Anda menemukan pasar yang sesuai sasaran.

Dua, konsisten.

Anda harus konsisten mengisi blog. Seperti, setiap hari wajib mempublish satu posting, atau setidaknya seminggu sekali, bisa juga pilihan lain. Kapanpun itu bisa disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Selanjutnya harus mematuhi perjanjian waktu mengisi blog. Selain itu, blog juga bisa jadi wadah mengasah kemampuan menulis sekaligus mendapatkan komentar.

Tiga, aktif share link postingan di blog.

Sikap konsisten tersebut akan melahirkan tulisan yang kian terasah. Setiap karya Anda yang sudah dipublih juga otomatis bisa dibaca oleh banyak orang. Tidak terkecuali akan terdeteksi oleh editor. Di zaman serba gadget saat ini, portfolio bukan berbentuk print out yang harus dikumpulkan dalam satu map.Tetapi sudah menggunakan wadah blog.

Empat, data penulis.

Jangan lupa sertakan kontak di blog Anda. Mulai nama, alamat email, akun twitter, link facebook, bisa juga nomor handphone untuk memudahkan menghubungi nantinya. Sebagian besar editor juga akan melihat keaktifan Anda di dunia maya. Perlu diketahui, pihak penerbit lebih menyukai calon penulis atau penulis yang kerap menyapa lewat wilayah internet.

Lima, gabung di komunitas.

Anda bisa bergabung di komunitas menulis atau yang khusus blogger sekalipun. Tujuannya, untuk menambah teman, menambah ilmu, sekaligus bisa saling memotivasi agar aktif ngeblog.

Nah, sudahkah Anda punya jadwal kapan harus posting di blog? Ada baiknya catat target harian menulis Anda di Amazing Giant Calendar. Ibaratnya, sahabat bagi siapa saja yang ingin sukses, dengan memetakan rencana harian lewat kalender besar. Bisa untuk (calon) penulis, pebisnis, dan profesi apa saja. Terlebih mudah dihapus dan bisa dipajang sehingga memudahkan Anda cukup membeli satu kali untuk digunakan selama satu tahun. Informasi dan pemesanan, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi blogger aktif tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com