Contoh Survei Pada Konsumen yang Mudah Dilakukan

Pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru karena masih berkaitan satu sama lain. Di artikel ini, Anda akan belajar pentingnya melakukan survei kepada konsumen agar mengetahui apa yang diinginkan oleh mereka. Lalu, proses survei apa saja yang harus Anda lakukan? Cukup ikuti penjelasan di bawah ini:

Satu, lakukan survei sekarang juga.

Jangan ditunda lagi, Anda harus melakukan survei saat ini juga. Anda bisa cukup menggunakan status facebook untuk melakukan survei. Tapi, pastikan kalau mayoritas teman FB Anda adalah target marketnya. Contoh, Anda adalah jualan handsock Indblack, maka tanyakan handsock Indblack favorit yang tema apa? Siapkan sekitar 1-3 hadiah handsock untuk jawaban yang beruntung sebagai motivasi mereka mau menjawab.

Dua, lakukan analisis data.

Selanjutnya, kumpulkan semua data yang masuk. Iya, Anda baru bisa melanjutkan proses survei setelah semua data sudah terkumpul. Misalnya, Anda membuat survei di status FB, di IG juga, hingga menyebarkan form di google, maka pastikan sudah menutup survai dan data masuk semua baru lanjut ke langkah berikutnya.

Tiga, lakukan identifikasi.

Sudah punya data yang lengkap? Maka cari “garis merah” kira-kira mayoritas jawaban yang diberikan apa? Contoh, Anda jualan handsock Indblack, ternyata ada 3 jawaban yang paling banyak, yaitu tema Palestina, daun, dan mute warna emas. Artinya, mayoritas target market Anda bisa paling suka dengan desain handscok Indblack yang berkaitan dengan 3 tema tersebut.

Empat, lakukan tindakan.

Sudah melakukan identifikasi? Ya selanjutnya eksekusi. Misalnya, Anda sebagai dsitributor handsock Indblack, maka akan memilih lebih banyak produk yang berkaitan dengan 3 tema handsock tersebut. Itulah manfaat melakukan riset, tentu bisa memudahkan Anda dalam melakukan produksi atau menyetok barang. Tujuannya bisa menghindari kejadian stok yang menumpuk.

Lima, pastikan punya “nilai” di survei Anda.

Apa saja “nilai” dari riset tersebut? Bisa berupa output sesuai keinginan konsumen tadi. Misalnya, mayoritas suka 3 tema, ya Anda lebih banyak menawarkan tema yang tidak jauh dari 3 tema tersebut. Selain itu, Anda bisa menyiapkan hadiah untuk yang sudah menjawab, lalu dikocok secara random sekitar 3 orang saja.

Sebaiknya, Anda melakukan survei secara konsisten. Misalnya, satu bulan sekali. Tapi, terkadang banyak pebisnis yang lupa melakukan riset. Untuk itu, Anda bisa memasukkan kegiatan “riset” di “agenda bulanan” yang ada di Daily Activities for Mom (Superboard dari Indscript).

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: