Contoh Pemasaran Offline yang Mudah Dilakukan

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah TanggaΒΈ maka Anda sudah punya bayangan akan berbisnis produk atau jasa tertentu. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui beberapa alat promosi. Meski saat ini promosi online tengah gencar, tapi tetap lakukan promosi offline sederhana berikut ini:

Satu, membuat spanduk di rumah.
Meski Anda berbisnis di rumah, jangan sepelekan spanduk. Anda harus punya spanduk yang menjelaskan apa bisnis Anda, namanya apa, hingga produk atau jasa yang ditawarkan apa saja. Hal ini bisa membuat tetangga hingga orang yang lewat jadi tahu mengenai bisnis Anda. Siapa tahu, kelak mereka membutuhkan produk atau jasa Anda.

Dua, miliki kartu nama.

Meski Anda baru berbisnis, sebaiknya memiliki kartu nama yang selalu dibawa ke mana-mana. Ketika menunggu, Anda bisa mengobrol dengan orang sebelah, berkenalan, lalu memberikan kartu nama. Mungkin saat itu ia belum tertarik dengan prosuk atau jasa Anda, tapi bisa jadi nantinya menjadi konsumen Anda dan menghubungi Anda.

Tiga, stiker.

Anda bisa mencetak stiker yang berisi nama, logo, dan tagline bisnis Anda. Tapi, Anda harus memiliki kata-kata tagline yang tepat dan mewakili produk atau jasa Anda. Jadi, dengan membaca tagline tersebut sudah tahu apa yang dijual. Hal ini tergolong sederhana tapi bisa mendatangkan order dari orang yang tidak dikenal sekalipun.

Empat, perlengkapan sehari-hari.

Misalnya, Anda bisa membuat souvenir khusus yang ada nama, logo, dan tagline bisnis Anda. Pilihan souvenir itu bisa mug, bolpoin, notes, dan yang lainnya. Barang-barang tersebut bisa menjadi promosi Anda seumur hidup dan bisa berada di mana saja.

Lima, packing produk yang menarik.

Packing produk juga harus Anda pikirkan baik-baik. Sebaiknya yang bisa digunakan oleh konsumen sehingga mengurangi sampah atau mendukung gerakan go green, sekaligus promosi jangka panjang. Misalnya, tas sederhana tapi ada tulisan nama bisnis Anda. Konsumen bisa menggunakan tas itu lagi sekaligus tanpa terasa sudah membantu promosi Anda. Ketika ia memakai tas pembungkus produk Anda, maka ada orang lain yang melihatnyat.

Enam, sample produk.

Ini juga bisa Anda siapkan jika memungkinkan. Anda bisa menaruhnya di rumah atau selalu membawanya dan bsia dilihat atau dicoba oleh siapa saja yang Anda temui. Bahkan, Anda bisa menyiapkan sample yang bisa dibawa pulang oleh calon konsumen.

Meski promosi adalah hal penting berbisnis, tapi manajemen waktu juga tidak kalah pentingnya agar bisnis lancar dan urusan keluarga tetap berjalan baik. Anda bisa membuat manajemen waktu di salah satu superboard kami, yaitu Daily Activities for Mom. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.