Contoh Mempromosikan Buku Secara Offline bagi Penulis

Jika di artikel sebelumnya berjudul 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ingin Kirim Artikel Dapat Uang, maka artikel yang ini lebih membahas dunia penulisan seputar buku cetak saja.

Pasalnya, menjadi penulis dituntut untuk memahami dunia bisnis, khususnya seputar marketing buku karyanya. Perkembangan teknologi memungkinkan penulis melakukan promosi melalui dunia maya. Namun, saat ini juga masih terbuka untuk mengadakan promo secara offline. Lalu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh penulis?

Satu, launching offline.

Aktivitas launching buku juga masih dapat menarik perhatian calon pembaca. Tujuannya adalah memperkenalkan kehadiran buku baru Anda kepada khalayak secara luas. Sebelumnya, pastikan lokasi event tersebut cukup strategis sehingga banyak pengunjung yang datang, menyiapkan rundown yang menarik agar tidak terkesan bosan, hingga sediakan hadiah untuk menahan pengunjung tetap duduk.

Dua, adakan bedah buku.

Selanjutnya, Anda dapat mengadakan bedah buku. Baik itu bekerja sama dengan toko buku, sekolah atau kampus, bahkan komunitas yang memiliki anggota banyak. Ada baiknya tidak sekedar membedah isi buku Anda, tetapi memberikan tips praktis bagi pengunjung sebagai nilai lebih acara Anda.

Sebagai contoh, Anda mengadakan bedah buku bergenre bisnis, maka dapat sekaligus membuka konsultasi bisnis. Para peserta yang hadir bisa bertanya masalah bisnis mereka dan Anda juga bisa memberikan saran.

Tiga, promosi di radio.

Radio juga masih menjadi media tepat untuk promosi buku. Terlebih beberapa radio dapat didengarkan secara streaming sehingga menjangkau pendengar yang lebih luas. Setelah buku terbit, buatlah daftar radio yang memiliki pendengar sesuai dengan segmen buku Anda. Cobalah cari informasi, atau menghubungi satu per satu, apakah di radio tersebut memiliki program khusus seputar buku.

Empat, membawa buku ke tempat yang ramai.

Tidak ketinggalan, bawa selalu buku karya Anda ketika mendatangi acara yang dihadiri oleh banyak orang. Jangan lupa, selipkan informasi kepada orang yang baru Anda kenal bahwa Anda adalah seorang penulis. Lalu lanjutkan dengan info mengenai buku baru Anda yang tengah berada di toko buku. Terlepas apakah orang tersebut akan membeli atau tidak, setidaknya sudah memberikan informasi mengenai hadirnya buku Anda.

Sebagai penulis, ada baiknya tidak hanya duduk manis di depan komputer semata hingga menghasilkan tulisan. Tetapi, juga harus belajar menjadi pebisnis yang menawarkan produk bukunya, karena semakin banyak orang yang tahu mengenai buku Anda kian membuka pasar pembaca karya Anda.

Agar lebih mudah, Anda bisa menyiapkan rencana promosi harian di tahun 2018 dengan menggunakan Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis produktif berpromosi di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Pengunjung Juga Mencari:

  • contoh mempromosikan buku
  • promosi buku yang menarik gmna?
  • cara strategi promosi buku novel terbaru 2018
  • contoh crib untuk promosi buku
  • Contoh Praktek promosi Buku
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com