Contoh Manajemen Waktu buat Ibu Rumah Tangga

Apakah Anda sudah membaca artikel yang sebelumnya berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Dengan begitu, meski Anda menjadi ibu rumah tangga (IRT) tetap bisa meniru kebiasaan pebisnis tersebut dari rumah saja. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah memiliki manajemen waktu. Ada 2 macam manajemen waktu buat IRT, yaitu:

Yang pertama adalah membuat jadwal harian.

Ini manajemen waktu yang sudah lama dipakai. Yaitu, Anda tahu bangun tidur harus melakukan kegiatan apa dulu, lalu berapa lama, kemudian harus lanjut ke kegiatan berikutnya pada jam berapa, dan seterusnya. Anda punya jadwal kegiatan beserta jamnya, dari bangun tidur hingga tidur malam lagi.

Contohnya:

04.00-04.30 = bangun, mandi, sholat subuh, membaca Al Quran

04.30-05.30 = belanja, masak

05.30-06.00 = membersihkan rumah

06.00-06.15 = sarapan bersama keluarga

Dan seterusnya hingga tidur lagi.

Pastikan kalau Anda juga memasukkan kegiatan mengurus bisnis hingga me time setiap harinya, agar seimbang antara tugas dan hak Anda sendiri untuk selalu bahagia.

Yang kedua adalah membuat to do list.

Bisa juga, Anda memilih gaya manajemen waktu yang berbeda. Ada orang-orang yang lebih cocok memilih manajemen waktu, yaitu membuat to do list. Jadi, Anda mencatat semua kegiatan setiap hari, dari bangun tidur hingga tidur malam, dan yang paling atas adalah kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Contohnya:

To do list setiap hari adalah:

– Mandi

– Sholat subuh

– Membaca Al Quran

– Belanja

– Masak

Dan seterusnya hingga tidur malam lagi.

Pastikan juga Anda mencatat kegiatan bisnis secara detail di to do list, seperti:

– Promosi di FB

– Promosi di status WA

– Follow up

– Dst

Lalu, gaya manakah yang cocok bagi Anda? Masing-masing orang punya jawaban tersendiri. Ada yang gaya membuat jadwal harian, ada juga yang lebih suka memiliki to do list. Masing-masing gaya manajemen waktu itu punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi, tergantung Anda cocoknya menggunakan yang mana karena itu tergantung kepada karakter Anda sendiri.

Untuk memudahkan Anda punya manajemen waktu agar bisa maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: