Contoh Manajemen Waktu Bagi IRT

Sebagai ibu rumah tangga (IRT), memang punya daftar kegiatan yang panjang. Walaupun begitu, banyak juga yang mengaku ingin mengembangkan potensinya tanpa harus ke luar rumah. Antara lain berbisnis, atau menjadi penulis, dan kemampuan lainnya. Agar tetap produktif di berbagai hal di dalam rumah, coba buat manajemen waktu, seperti contoh di bawah ini.

Yang pertama, catat semua daftar kegiatan harian Anda.

Mulai masak, mencuci, membersihkan rumah, mengurus suami dan anak-anak, dan lainnya. Jangan lupa, catat kegiatan me time atau potensi Anda sendiri. Dua hal tersebut, justru yang jarang dilakukan karena Anda merasa tidak punya waktu. Padahal bisa, asal buat jadwal harian dahulu.

Kedua, masukkan semua kegiatan tersebut pada jam yang harus dilakukan.

Contohnya:

04.00-04.30 = ibadah, mandi.

04.30-05.30 = masak, membangunkan anak.

05.30.06.00 = cek kebutuhan suami dan anak, membersihkan rumah

06.00-06.30 = sarapan

06.30-07.00 = anak sekolah, mencuci

07.00-11.00 = mengurus bisnis

11.00-11.30 = jemput anak pulang sekolah

Dan seterusnya hingga waktu tidur malam.

Ketiga, catat daftar harian tersebut di papan.

Kenapa harus di papan? Agar tidak mudah rusak dan mudah dipajang di dinding. Salah satunya bisa menggunakan Daily Activities for Mom sebagai papan mini yang didesain khusus para IRT agar bisa memiliki manajemen waktu. Anda dapat memiliki satu buah yang bisa digunakan sepanjang hidup.

Keempat, pajang papan tersebut agar Anda terus ingat untuk mematuhi jadwal di atas.

Jika Anda memajang jadwal harian, maka akan mudah dilihat oleh suami dan anak-anak. Secara tidak langsung, bisa memotivasi mereka untuk memiliki jadwal harian juga. Selain itu, memotivasi Anda untuk terus mengikuti jadwal harian.

Untuk itu, Indscript Creative memberikan rahasia cara membuat manajemen waktu. Anda cukup mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Agar keluarga dan rumah terus rapi, dan Anda masih bisa melakukan hal produktif, kunci pertama adalah membuat manajemen waktu. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah punya manajemen waktu?

Pengunjung Juga Mencari:

  • contoh artikel tentang manajemen waktu
  • Menjement waktu contoh clipchart
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com