Contoh Ide Bisnis Jasa Tanpa Modal

Sebaiknya, Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, agar mengelola bisnis bukanlah beban. Dengan begitu, bisnis apapun akan terasa menikmati prosesnya. Nah, apakah Anda sudah menentukan berbisnis? Jika belum dan tidak punya modal, maka bisa berbisnis jasa yang bisa menggunakan sistem DP dahulu. Antara lain:

Yang pertama, menjadi penulis.

Apakah Anda sudah menulis? Jika ya, mulailah berbisnis jasa tulisan. Beberapa profesi freelance yang membutuhkan keahlian menulis adalah, penulis buku, penulis artikel media cetak, penulis artikel media online, penulis naskah sinetron yang beberapa seri hingga film yang berdurasi panjang, penulis naskah iklan atau copywrtiter, penulis press release, dan lainnya.

Yang kedua, di bidang desain.

Apakah Anda suka menggambar? Itu merupakan salah satu keahlian yang bisa dijual. Antara lain, menjadi desain web karena hampir semua perusahaan sudah teredukasi pentingnya punya website, desain interior karena sekarang banyak orang yang sudah merasa butuh jasa tersebut, desain grafis untuk iklan, dan lainnya.

Yang ketiga, MC.

Anda punya keahlian berbicara di depan banyak orang? Kenapa tidak menjadi MC saja? Anda bisa memulai dengan menjadi MC acara orang-orang terdekat dahulu secara gratis sebagai pembelanjaran. Kemudian bertahap menerima acara yang dibayar. Selanjutnya, Anda tidak hanya bisa menjadi MC, tetapi juga bisa membuka training public speaking.

Yang keempat, kelola media sosial.

Saat ini, hampir semua bisnis memiliki media sosial. Dari bisnis yang baru hingga perusahaan besar pun memiliki akun media sosial. Misalnya, akun fanpage, twitter, instagram, hingga youtube. Nah, untuk mengelola media sosial tersebut juga membutuhkan jasa yang bisa menulis konten, hingga membuat foto atau desain, serta video.

Yang kelima, fotografer.

Suka foto? Kenapa tidak menjadi fotografer. Anda bisa membuak jasa foto ketika momen pernikahan, ulang tahun, melahirkan, perayaan anniversary, dan masih banyak lagi. Anda memang harus punya modal barang yaitu kamera, tapi kamera sekarang cukup terjangkau. Kelak Anda juga bisa mengganti kamera yang jauh lebih profesional seiring berkembangnya bisnis Anda.

Nah, yang penting adalah melakukan promosi, dan bisa maksimalkan akun media sosial saja. Anda cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: