Contoh Copywriting Iklan Facebook yang Mudah Ditiru

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Strategi Mencapai Target Penjualan Lewat Copywriting? Memang, salah satu cara untuk menaikkan omset adalah promosi dengan teknik copywriting. Pasalnya, copywriting merupakan salah satu tools di bidang marketing. Sedari dahulu, promosi sudah gencar memakai brosur, berita di media cetak, atau lembaran. Semua media tersebut menggunakan tulisan yang menarik dari tangan copywriter. Terlebih saat ini kian marak dengan hadirnya media sosial. Untuk itu, jasa copywriting tengah menggeliat.

Hal pertama yang akan copywriter perhatikan adalah memilih judul.

Judul adalah kalimat yang pertama kali dibaca sehingga harus mampu menahan mata pembaca. Walaupun begitu, copywriter tetap memilih judul yang berhubungan dengan isi tulisan. Tidak sekedar menyusun judul yang bombastis. Setidaknya, tulisannya sudah berhasil menarik pembaca pada satu detik pertama dahulu.

Poin kedua yang tidak kalah penting adalah menentukan headline.

Headline merupakan satu paragraf pertama yang masih bertugas mengambil perhatian pembaca. Copywriter akan memilih kalimat yang memunculkan sedikit keunggulan produk atau jasa. Lalu menyisakan pertanyaan apa yang lebih menarik dari hal yang ditawarkan tadi. Dengan harapan, pembaca penasaran pada kata-kata berikutnya.

Copywriter harus memahami dahulu bagaimana karakter konsumen dari produk atau jasa tersebut.

Dapat diketahui lewat melakukan riset sebelumnya. Tipe konsumen tersebut memberi pengaruh pada gaya bahasa agar mudah diterima di pemikiran mereka. Di sepanjang tulisan juga harus konsisten pada gaya bahasa tertentu. Penulisan untuk segmen dewasa tentu berbeda dengan bagi kalangan remaja.

Walaupun tulisan dari copywriter termasuk menjualkan barang atau jasa, tetapi harus terlihat informatif.

Tiada kesan melakukan penjualan, tetapi justru memberi informasi tertentu. Info tersebut dijelaskan sebagai solusi terhadap suatu masalah. Sebut saja, penulisan bagaimana menjaga pola makan sudah menjadi gaya hidup. Copywriter akan menuliskan kalau saat ini sudah ada tempat kuliner yang alami.

Copywriter juga membantu perusahaan memperkenalkan perusahaan tertentu dengan kalimat yang tidak membosankan. Tujuannya agar pembaca menuntaskan informasinya sampai di kata terakhir. Itu artinya pesan yang disampaikan oleh copywriter seutuhnya sampai di pemikiran calon konsumen. Harapannya, pembaca akan beralih menjadi konsumen dari produk atau jasa yang dituliskan.

Contohnya adalah:

Bisnis Terpuruk

Saya pernah ketemu emak pebisnis. Dia mengaku lagi terpuruk karena bisnisnya yang dulu laris, mendadak sepi order. Tentu saja, ada rasa malu ketika harus mengakuinya.

Sebagai teman, setidaknya aku coba melakukan hal ini:

Yang pertama, bebaskan dia cerita sepuasnya. Mau sambil nangis, mau sambil ngamuk (asal jangan pake adegan lempar-lempar barang). Pokoknya dilepas aja semuanya. Minimal, ada teman yang mau menampung curhatannya.

Terus, ajak dia senang-senang dulu. Lakukan apa yang bikin pikirannya segar lagi. Enath itu jalan-jalan, ngopi cantik, apapun deh.

Selanjutnya, saya mencoba memberi solusi dengan mengenalkannya dengan mentor bisnis yang lebih tepat, seperti Teh Indari.

Berhubung teman saya itu merasa malu, akhirnya memilih mengikuti mentoring bisnis secara privat saja. Biar lebih bebas cerita. Kalau kelas bisnis kan biasanya masuk dalam satu grup. Kalo privat, hanya dia dan mentor.

Ah, andaikan banyak orang tahu mengenai mentor bisnis privat ini. Tentu no more galau menghadapi bisnis yang terpuruk. Bisa curhat, dapat saudara baru, hingga tahu apa yang harus dikerjakan untuk menyelamatkan bisnis.

Anda bisa mencatat contoh di atas di Agenda Remaja Prestatif agar mudah Anda lihat kapan saja. Kalau di website ini, bisa tenggelan dengan artikel yang lain. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Tidak dapat dipungkiri, copywriter punya peranan penting dalam meningkatkan bisnis. Lewat tulisan yang menarik mampu membuat target menyisihkan waktu untuk membaca. Sehingga, pembaca akan tertarik menjadi konsumen.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com