Ciri Karyawan yang Berkualitas agar Bisnis Melesat

Sebelumnya, pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan. Pasalnya, agar terbentuk pola pikir kalau semua bisnis pasti bisa sukses asal tahu ilmunya dan konsisten bergerak serta menikmati proses. Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah, memiliki karyawan yang produktif agar bisnis bisa melesat. Bayangkan ada bisnis lain yang punya karyawan hingga 100 orang, pasti akan kacau jika tidak ada peraturan atau sistem. Sistem itulah yang membuat karyawan tahu bagaimana bekerja sehari-hari. Lalu, bagaimana membuat karyawan mau bekerja maksimal?

Yang pertama, benar-benar Anda seleksi ketika rekrutmen.

Proses rekrutmen ini sangat penting agar Anda bisa memilih karyawan yang tepat. Untuk itu, sebelum proses tersebut berlangsung maka Anda bisa membuat standar. Misalnya, karyawan sales harus luwes ketika wawancara, punya teman FB sekitar 2500 orang, dan lainnya. Usahakan standar tersebut benar-benar detail, ya.

Yang kedua, jelaskan orientasi atau tujuan karyawan bergabung itu apa.

Sudah merekrut tim, kan? Maka Anda harus membuat job description yang detail agar tahu mereka harus melakukan apa di dalam bisnis Anda. Misalnya, tim keuangan, maka harus cek mutasi setiap ada pembelian, lalu informasi ke sales, dan memberikan laporan keuangan secara detail.

Yang ketiga, miliki pola komunikasi yang terbuka.

Jadi, siapa saja boleh memberi masukan kepada pihak lain. Misalnya, tim marketing bisa kasih masukan kepada tim produksi, seperti kalau bisa pakai bahan A karena konsumen lebih suka. Nah, Anda sebagai pemimpin juga membebaskan karyawan untuk menyampaikan ide untuk kemajuan bisnis Anda juga nantinya.

Yang keempat, pasang target harian.

Sebaiknya, setiap orang punya target harian. Misalnya, sales harus bisa menjual sekian, tim produksi harus bisa membuat sekian barang. Untuk mendukung mencapai target, bisa menggunakan Metrik Pencapaian dari Indscript. Metrik sudah melalui uji coba 1 tahun dan berhasil membuat pemiliknya mencapai target.

Yang kelima, beri pengakuan.

Salah satunya, dengan memberikan reward kepada karyawan. Misalnya, karyawan teladan bulan ini, sales yang omsetnya tertinggi, karyawan yang memberikan ide brilian kepada Anda.

Yang keenam, lakukan perbaikan karyawan.

Salah satunya adalah memberi peluang bagi karyawan untuk mengikuti training sesuai bidang yang digelutinya. Misalnya, tim produksi ikut pelatihan menjahit agar makin rapi, tim sales ikut pelatihan memprospek.

Yang ketujuh, beri dukungan karyawan.

Contohnya, Anda menyiapkan copywriting buat tim sales, menyiapkan perangkat komputer untuk tim keuangan, dan masih banyak lagi.

Dalam berbisnis, target Anda dan setiap karyawan itu penting demi kesuksesan. Untuk mendukung bisa menggunakan Metrik Pencapaian (salah satu Superboard dari Indscript). Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: