2

Cara untuk Tetap Konsisten Mengejar Target dengan Bahagia

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Rumus Breakdown Target Omset agar Mudah Diraih, maka artikel ini lebih menekankan bagaimana agar bisa konsisten. Pasalnya, berapa pun target yang ingin Anda raih, maka kunci utama ada di sikap konsisten. Konsisten untuk mengejar target dengan senang, bukan karena tekanan. Agar konsisten, Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini.

Satu, kenali apa motivasi Anda harus kejar target?

Misalnya, Anda memasang target 100 juta per bulan, karena selama satu tahun ini ingin mengumpulkan sebagian uang dari bisnis, untuk berangkat umroh bersama orang tua. Ketika Anda akan bersikap tidak konsisten, maka coba ingat tujuan mengejar target tersebut, maka pasti akan membuat Anda semangat terus.

Dua, buat target dari angka kecil dulu.

Agar target tidak menjadi tekanan, tapi dikejar dengan senang, maka buat dari angka yang kecil dahulu. Mudahnya, coba Anda lihat catatan bulan lalu, dapat omset berapa? Nah, bisa pasang target sesuai angka omset bulan lalu dan ditambahi sedikit. Iya, sedikit aja biar nggak kerasa nanti jadi bukit.

Tiga, catat target dan jangan pakai ingatan saja.

Untuk itu, Anda wajib mencatat target. Terus, mencatat juga apakah hari ini tercapai atau tidak. Agar maksimal, bisa menggunakan Metrik Pencapaian. Anda cukup mencatat target harian agar yang terlihat bukan angka besar, tapi kecil sehingga tidak menjadi beban. Lalu catat setiap hari apakah tercapai atau tidak.

Empat, pajang target Anda.

Selanjutnya, pajang target Anda yang sudah ditulis di Metrik Pencapaian agar setiap hari tanpa sengaja bisa terbaca. Dengan begitu, akan memotivasi Anda, setiap hari untuk bisa meraihnya. Selain itu, memudahkan Anda dalam mencatat apakah target hari ini tercapai atau tidak. Lebih mudah, kan?

Lima, membuat reward dan punishment.

Agar Anda bisa konsisten, maka siapkan reward dan konsisten. Contohnya, jika sebulan berhasil meraih target, maka Anda bisa mengambil uang dari keuntungan sebesar 5% untuk keperluan pribadi. Jika sebaliknya, maka Anda harus membayar, dari uang pribadi ke kas bisnis, sekian rupiah. Tujuannya, tentu Anda tidak ingin menerima hukuman, kan?

Enam, lakukan evaluasi secara berkala.

Setiap di akhir bulan, bisa membuat evaluasi. Caranya, cukup melihat Metrik Pencapaian, lalu lihat apakah lebih banyak tanda cetang (berhasil capai target) atau silang (gagal meraih target)? Jika berhasil, maka Anda harus baikkan sedikit target bulan depan. Jika banyak yang gagal, maka buat promosi yang lebih menarik lagi.

Jadi, siap melakukan 6 hal di atas? Untuk memudahkan Anda bisa menggunakan Metrik Pencapaian. Semakin Anda merasa susah meraih target, semakin cepat membutuhkan Metrik Pencapaian, karena sudah terbukti berhasil membuat pemiliknya meraih target. Informasi mengenai superboard (Metrik Pencapaian) bisa KLIK DI SINI.

Target? Harus bahagia mengejarnya!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com