Cara Riset Pasar Online bagi IRT

Dewasa ini, banyak ibu rumah tangga (IRT) yang juga berbisnis. Maka sebaiknya sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Selain punya manajemen waktu, Anda juga harus tahu cara riset sehingga mengetahui apa yang disukai oleh target market. Lalu, bagaimana melalukan riset khususnya lewat online?

Satu, jadikan review dari bloger atau vloger atau selebgram sebagai masukan.

Saat ini, para blogger, vlogger, atau selebgram tidak hanya membantu Anda dalam hal promosi. Tapi, mereka bisa juga memberikan saran dan kritik bagi produk atau jasa Anda. Tentu saja, mereka menyampaikan dengan kata-kata yang tepat sehingga tidak terkesan menjatuhkan tapi review yang dari hati agar lebih mengena di hati followers mereka.

Dua, lakukan review dengan pura-pura menjadi pembeli.

Hal ini untuk melakukan riset pelayanan bisnis Anda, ya. Jika Anda punya tim CS, maka sesekali bisa berpura-pura melakukan pembelian. Tentu Anda harus menggunakan nama dan kontak yang tidak dikenal tim CS. Lalu beri penilaian bagaimana mereka merespon pesanan. Antara lain, apakah cepat atau lambat, sopan atau tidak, dan lainnya.

Tiga, riset bisa dilakukan dari pihak yang dekat dengan masalah.

Anda bisa melakukan riset dari dalam rumah sambil bertanya kepada tim pemasaran yang sering berada di lapangan. Misalnya, banyak target market yang kurang puas dengan produk Anda, karena fungsinya cuma sedikit, atau penampilannya kurang menarik. Nah, sesekali buat jadwal untuk berkomunikasi dengan mereka yang berada di lapangan, ya.

Empat, tim di lapangan harus mau menceritakan kritik dan disampaikan kepada Anda.

Tidak semua tim yang di lapangan saat menerima kritik itu mau menyampaikan lagi kepada Anda. Bayangkan, jika Anda punya tim yang diam saja padahal banyak kritik di lapangan, hanya karena tim takut menyampaikan komplain tersebut. Maka, jadilah pemimpin yang membuat tim nyaman, sampai mau berbicara sejujurnya yang ada di lapangan.

Lima, jadilah contoh.

Anda ingin punya karyawan yang ramah pada konsumen? Maka Anda harus ramah dulu kepada konsumen. Perilaku tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi tim Anda sehingga mau bersikap ramah juga. Maka, jadilah contoh bagaimana menjadi pebisnis yang ramah.

Untuk mendukung berkembangnya bisnis Anda, salah satunya adalah setiap pihak harus punya target harian, untuk mencapai target bersama yang lebih besar. Contohnya, tim sales harus menjual 1 pcs per harinya, tim promosi harus membuat 3 konten promo setiap harinya, dan masih banyak lagi. Catat target harian di Metrik Pencapaian (salah satu Superboard Indscript) agar menjadi produktif.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: