Cara Presentasi kepada Calon Investor

Sudahkan Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga? Nah, silahkan pilih salah satunya, ya agar bisa lekas mulai berbisnis.

Namun, terkadang ada masalah muncul seperti soal modal. Salah satu cara agar bisnis Anda berjalan lancar sementara belum memiliki modal yang cukup, adalah mencari investor yang dapat memberikan suntikan dana segar. Namun, sebelum pertemuan tersebut berlangsung, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Tujuannya agar berhasil meyakinkan investor kalau bisnis Anda sangat potensial.

Satu, membuat draft presentasi.

Antara lain berisi potensi bisnis Anda, program bisnis yang akan Anda lakukan, perkiraan profit yang akan didapat, pengalaman Anda berbisnis, serta prestasi jika sudah ada. Tonjolkan pula apa keunggulan Anda dibandingkan pebisnis lainnya. Semakin detail isi presentasinya, kian memberi keyakinan kalau perencanaan bisnis Anda sudah matang dan siap dieksekusi.

Dua, mendalami data mengenai usaha Anda agar terlihat sangat memahami bidang yang tengah digeluti.

Sebagai contoh, Anda adalah pebisnis pakaian, maka Anda juga harus mengamati perkembangan trend fashion, kain seperti apa yang digemari konsumen saat ini, hingga bagaimana produk fashion dari bisnis kompetitor. Jadi, Anda tidak hanya belajar bagaimana mengembangkan bisnis pribadi saja.

Tiga, mengenali sosok calon investor.

Anda dapat bertanya ke kawan pebisnis lain atau googling. Tujuannya untuk mempermudah proses Anda mendekati calon investor tersebut. Misalnya, calon investor Anda adalah orang yang sangat formal, maka gunakan pakaian yang rapi. Begitu pula peralatan presentasi jangan sampai dibawa dengan berantakan ketika berhadapan dengan calon investor.

Empat, persiapkan penampilan yang tepat agar meninggalkan kesan positif bagi calon investor.

Penampilan ini adalah dari ujung rambut hingga ujung kaki, mulai baju, sepatu, parfum, dan aksesori pendukung lainnya. Anda bisa minta saran teman mengenai beberapa pakaian yang akan dikenakan. Tetapi, keputusan terakhir akan mengenakan baju apa adalah tergantung Anda sendiri.

Lima, latihan presentasi.

Sebelum bertemu dengan calon investor, Anda harus mengadakan latihan presentasi di hadapan teman. Kawan tersebut dapat memberikan masukan mengenai apa yang harus dilakukan dan jangan dilakukan.

Apalagi sekarang, berbisnis tidak hanya dilakukan oleh kalangan dewasa, tetapi para remaja ada yang sudah tertarik dan terjun. Untuk mendukung Anda yang berbisnis walau masih remaja, bisa menggunakan Agenda Remaja Prestatif. Agar tahu apa saja yang harus dilakukan per hari agar bisnisnya kian melesat.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Semoga lancar bertemu dengan calon investor, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com