Cara Merawat Buku

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul Penghasilan dari Menulis yang Bisa Dilakukan IRT, maka untuk mewujudkan impian tersebut maka Anda harus suka membaca. Apalagi buku adalah salah satu benda yang tergolong berharga, khususnya bagi yang hobi membaca. Untuk itu, Anda harus merawat buku agar tahan lebih lama. Bahkan buku yang awet akan dapat dibaca kembali oleh generasi Anda yang berikutnya. Berikut ini yang harus Anda lakukan agar koleksi buku Anda lebih tahan lama.

Satu, disampul.

Setelah membeli buku, ada baiknya Anda menyampul cover-nya agar tidak ada lipatan kecil di ujung buku. Pilihlah cover yang bening dan berasal dari bahan mika agar lebih tahan lama. Bisa juga Anda memberikan nomor buku layaknya perpustakaan, agar semua data buku Anda lebih terdokumentasi. Tentu saja, semua hal itu membutuhkan sikap telaten dan konsisten.

Dua, cari yang ada tanda tangan.

Selanjutnya, lebih baik Anda mendapatkan tanda tangan langsung oleh penulis buku tersebut agar semakin memiliki rasa ikatan dengan buku. Caranya dengan mengikuti pre-order buku yang bonus tanda tangan penulis, umumnya didapatkan secara online. Selain itu, Anda dapat mendatangi acara meet and greet sebagai momen untuk meminta tanda tangan.

Tiga, satu tempat.

Berikutnya, simpan baik-baik koleksi buku Anda dalam satu tempat agar tidak tercecer. Baiknya lebih memilih lemari dari bahan kayu karena lebih kuat menahan beban buku, serta memiliki pintu agar tidak cepat terpapar debu. Saat ini, juga sudah banyak pengrajin kayu yang menerima pesanan untuk pembuatan rak buku dengan model khusus.

Empat, mencatat peminjam buku.

Jika ada yang ingin meminjam buku Anda, langkah pertama adalah pastikan kalau kawan Anda dapat menjaga buku dengan baik. Jika tidak, dapat menawarkan dengan membaca buku tersebut di rumah Anda saja. Atau Anda dapat memiliki buku yang mencatat seluruh informasi keluar masuk buku. Jangan lupa sertakan tanda tangan dari teman yang meminjam sebagai bukti.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.