Cara Menulis yang Baik bagi Pemula yang Juga Pebisnis

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, maka siapa saja bisa menulis. Termasuk Anda yang sebenarnya terjun menjadi pebisnis. Pasalnya, setiap orang memiliki peluang yang sama agar dapat menulis buku. Baik Anda memang penulis profesional, maupun kalangan sibuk lainnya seperti pebisnis, konsultan, hingga karyawan. Yang Anda perlukan adalah melakukan tigal hal berikut ini, karena menulis buku adalah salah satu warisan pemikiran yang berharga.

Satu, temukan dahulu motivasi utama Anda ingin menulis buku.

Apakah Anda ingin berbagi ilmu dan pengalaman sebagai pebisnis? Atau justru Anda ingin menceritakan tips praktis mengembangkan bisnis? Atau sekedar merekam jejak Anda dalam melesatkan usaha selama ini? Apapun tujuan utama Anda, terus direkam di otak sebagai motivasi menyelesaikan naskah buku kelak.

Dua, ambil tema yang benar-benar dikuasai.

Sebagai contoh jika Anda seorang pebisnis, maka dapat menulis mengenai tips sukses berbisnis online, atau bagaimana langkah awal mengembangkan bisnis, maupun tentang berbagai cara promosi yang jitu, bisa juga soal seluk beluk bisnis bidang kuliner, bahkan menulis bagaimana mendapatkan investor juga cukup menarik.

Tiga, ide cemerlang bisnis Anda akan sia-sia jika Anda tidak menulis saat ini juga.

Bagi pebisnis yang sibuk, harus mencari waktu khusus untuk menulis hingga menuntaskan naskah sampai halaman terakhir. Anda dapat mengatur waktu tersebut jauh-jauh hari sehingga tidak terganggu oleh pemikiran bisnisnya.

Empat, minta dukungan orang-orang terdekat.

Misalnya keluarga, teman, atau bergabung di komunitas menulis. Tidak jarang, sesama anggota komunitas menulis saling memberikan informasi mengenai dunia penulisan, berbagi rahasia menulis, hingga saling memotivasi. Apalagi sekarang komunitas menulis hadis secara offline maupun online, sehingga memudahkan Anda belajar menulis dari mana saja.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat kegiatan “menulis” di dalam bagian to do list, sehingga motivasi Anda bisa menulis konsisten setiap harinya. Selain itu, Anda bisa mencatat hal-hal penting seputar tips menulis di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: