1

Cara Menulis Mudah Walau Sibuk Bekerja

Di artikel sebelumnya yang berjudul 2 Cara Menerbitkan Buku Gratis Lewat Penerbit Mayor, sudah dijelaskan apa yang harus Anda lakukan ketika naskah sudah jadi. Meski begitu, masih saja ada yang merasa tidak berbakat di dunia penulisan. Tahukah jika siapa saja dan dari latar belakang apapun, memiliki kesempatan yang sama agar berhasil menulis buku? Jika profesi Anda adalah pebisnis, CEO perusahaan, pejabat pemerintahan, karyawan, hingga mahasiswa, dan yang lainnya, juga dapat mewujudkan impian menjadi penulis buku. Berikut ini yang harus Anda lakukan.

Satu, pilih tema yang mudah.

Agar proses menulis buku Anda berjalan lancar, ada baiknya memilih tema yang sangat dikuasai. Sebagai contoh, Anda adalah pebisnis kuliner maka dapat membuat buku mengenai bisnis kuliner, resep, dan lainnya. Sedangkan jika Anda adalah karyawan di bidang pajak juga dapat menulis buku seputar dunia perpajakan. Maka, temukan bidang yang Anda kuasai dahulu.

Dua, atau buat novel dari pengalaman.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi para pekerja yang ingin menulis novel fiksi. Beberapa penulis novel juga ada yang memiliki aktivitas di luar sebagai penulis. Kalau mereka bisa, itu artinya Anda juga dapat mengikuti jejaknya. Anda dapat mengambil cerita dari kisah pribadi, atau hasil curhat beberapa kawan, serta pengalaman orang lain yang menarik.

Tiga, ada waktu khusus untuk menulis.

Untuk itu, Anda harus siap meluangkan waktu khusus menulis buku. Saat Anda sudah membuat rencana akan menulis pada waktu tertentu, maka harus mematuhi dengan melakukannya secara konsisten. Bisa juga mengikuti kelas menulis yang berlangsung singkat tetapi sangat padat, agar Anda berhasil menulis buku hingga tuntas.

Agar Anda tidak lupa, maka bsia mencatat kegiatan “menulis” di bagian to do list di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Empat, menulis sekarang juga.

Jangan ditunda lagi. Tapi Anda harus segera menulis saat ini juga. Tidak perlu banyak tapi konsisten menulis setiap hari. Misalnya, setiap hari hanya bisa setengah halaman, maka tidak terasa dalam waktu sekitar 5-6 bulan ke depan, naskah Anda sudah selesai.

Agar maksimal, gunakan Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com