Cara Menulis Cerita Walau Tengah Liburan

Di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Menulis Mudah Walau Sibuk Bekerja, tentu membuat siapa saja, termasuk yang bekerja, jadi tahu bagaimana tetap bisa produktif menulis. Yang tidak kalah penting, menulis adalah aktivitas yang membutuhkan konsisten. Untuk itu, baiknya memasukkan kegiatan menulis sebagai rutinitas setiap hari. Tidak terkecuali ketika pergi untuk liburan. Apalagi bila deadline yang rapat maka wajib menyempatkan diri untuk menulis. Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan ketika harus menulis di kala bepergian.

Satu, tentukan waktu menulis.

Sebelum pergi, Anda harus memetakan rencana soal waktu menulis. Dapat memilih waktu di malam hari ketika usai jalan-jalan. Bisa juga bersiap bangun tengah malam sebagai jam menulis. Atau justru di tengah-tengah liburan. Setiap penulis tahu rentang jam paling produktifnya sendiri. Kapan pun keputusan waktu menulis, pastikan Anda menaatinya ketika liburan tiba.

Dua, mau menulis di mana?

Selain itu, Anda harus memiliki rencana tempat menulis. Bila rencana liburannya di luar kota dan menyewa kamar hotel, dapat googling dahulu soal kamarnya. Apakah cukup nyaman bagi Anda untuk menulis. Pilihan lain yaitu mengambil waktu sejenak menulis di tempat liburan. Anggap saja merasakan suasana baru ketika menulis di sudut tempat wisata.

Tiga, catat wajib membawa gadget yang dibutuhkan.

Pastikan Anda membawa gadget yang dibutuhkan menulis. Baiknya memilih perangkat yang tidak berat agar mudah dibawa. Contohnya, netbook, tablet, atau laptop yang ringan. Jangan lewatkan pula membawa alat pengisi baterai, baik yang portable maupun tidak. Dengan gadget yang praktis, memudahkan Anda menulis di mana saja dan kapan saja.

Empat, kenali mood booster.

Setiap penulis punya barang mood boaster tersendiri. Ada yang selama membuat tulisan makin semangat dengan secangkir kopi, menyiapkan playlist musik untuk menemani menulis, camilan yang wajib ada di samping gadget, dan masih banyak lagi. Benda mood boaster tersebut dapat membuat Anda kian terpacu menulis. Barang-barang tersebut juga wajib Anda bawa selama liburan.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: