Cara Menulis Buku ketika Pasangan Belum Kasih Izin

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semuanya bisa dilakukan di dalam rumah dan bisa membuat kegiatan menulisnya bisa berkembang. Selain itu, bagi Anda yang menjadi ibu rumah tangga (IRT) dan ingin menulis tapi belum dapat restu dari suami, maka lakukan tips ini.

Yang pertama adalah bersikap menerima kalau suami belum memberikan izin

Anda harus mau menerima keputusan suami tersebut, dan yakin hanya belum memberikan izin saja, dan bukan tidak memberikan izin ya. Artinya, nanti akan ada waktunya suami memberikan izin, mungkin setelah melihat Anda serius ingin menjadi penulis dan tidak mengganggu tugas di rumah.

Yang kedua adalah menyiapkan manajemen waktu antara menjadi penulis dengan menajdi istri serta ibu agar suami memberikan izin

Anda bisa membuat manajemen waktu, secara tertulis, lalu tunjukkan kepada suami. Hal tersebut bisa perlahan-lahan meyakinkan suami kalau tugas menulis Anda tidak melupakan tugas utama di rumah, baik sebagai istri atau ibu.

Yang ketiga adalah bersikap santai ketika ada masalah dalam dunia penulisan

Misalnya, Anda barus menerima surat penolakan naskah dari penerbit mayor, lalu ya Anda jangan menjadi marah, apalagi suami dan anak-anak kena dampak negatifnya. Jadi, ketika ada masalah di dunia penulisan ya tetap tidak lupa sebagai istri dan ibu ya.

Yang keempat adalah bersikap konsisten baik sebagai pengurus rumah tangga, atau sebagai penulis

Misalnya, Anda akan konsisten tetap memasak dan menyiapkan makanan dari hati buat seluruh anggota keluarga, tapi Anda juga tetap produktif menjadi penulis. Jadi nanti suami akan melihat proses Anda menjadi penulis kemudian mau mendukung penuh kegiatan Anda ini.

Yang kelima adalah buktikan kepada suami kalau Anda pasti bisa menjadi ibu, istri, dan penulis

Terkadang, suami tidak kasih izin karena ragu kalau Anda bisa mengatur waktu, karena menjadi penulis pasti akan menambah kesibukan Anda. Jadi, suami hanya butuh waktu untuk melihat kalau Anda memang serius ingin menjadi penulis dari rumah, dan tidak lupa tugas di rumah.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.