Cara Menulis Buku dengan Intensif

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, maka siapa saja bisa menulis. “Menulislah minimal satu buku selama hidup.” Pepatah tersebut kerap mendorong setiap orang ingin memiliki buku karya diri sendiri. Setidaknya pernah menerbitkan satu buku selama hidupnya. Lalu, mengapa menulis buku tergolong hal penting. Setidaknya Anda akan mendapatkan tiga manfaat setelah menulis buku, seperti berikut ini.

Satu, buku dapat menjadi dokumentasi perjalanan hidup Anda.

Antara lain buku mengenai travelling berdasarkan pengalaman pribadi ketika mengunjungi beberapa destinasi wisata yang menarik. Bisa juga buku biografi yang memuat bagaimana usaha awal Anda membangun bisnis, lalu mengembangkannya hingga meraih berbagai prestasi. Dan tema-tema buku lainnya yang dapat menjadi wadah menyimpan berbagai kenangan.

Dua, buku adalah media untuk berbagi inspirasi bagi pembaca dari berbagai kalangan.

Umumnya buku inspiratif berdasarkan kisah nyata, mengenai satu atau beberapa hal sederhana, tetapi meninggalkan kesan tertentu. Sebagai contoh, Anda menuliskan kehidupan guru terpencil yang tidak diketahui oleh banyak orang, atau menuliskan sesosok tokoh yang sederhana tetapi sudah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, dan lainnya.

Tiga, buku bisa juga dapat menjadi media berbagi ilmu.

Contohnya, seorang pebisnis yang ingin berbagi tips mencari ide bisnis, apa saja langkah yang harus ditempuh, masalah apa saja yang kerap dihadapi, dan tips lainnya. Begitu pula seorang pejabat pemerintahan dapat menulis jurnal mengenai sistem pemerintahan yang tepat.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: