Cara Menulis Buku Bersama Anak

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena tips tersebut bisa Anda lakukan di dalam rumah dan jika konsisten maka Anda bisa produktif sebagai penulis. Selain itu, bagi Anda yang memiliki anak sama-sama suka menulis, kenapa tidak menulis buku bersama anak saja? berikut ini caranya.

Yang pertama adalah ajak anak menulis bersama.

Anda harus menawarkan diri apakah anak mau menulis buku bersama Anda atau belum? Jangan menolak, maka berikan waktu anak untuk berpikir dan sampaikan kalau kapan saja bisa menulis buku bersama-sama. Jika mau, maka Anda bisa segera memetakan rencana melakukan proyek menulis bersama ini.

Yang kedua adalah pilih tema tulisan yang Anda dan anak mudah menuliskannya.

Coba tanyakan kepada anak dulu, kira-kira mau menulis apa? Anda bisa membuat 10 pilihan, dan anak juga bisa mencari 10 pilihan tema menulis. Lalu cari benang merah sehingga bisa memutuskan 1 tema tulisan yang bisa ditulis bersama nantinya.

Yang ketiga adalah bagikan tugas.

Misalnya, Anda bagian menulis di bab 1 sampai dengan 3, lalu anak di bab 4 dan 5. Pembagiannya tidak harus per bab sih, tergantung bagaimana kesepakatan bersama antara Anda dengan sang anak. Bisa juga, dalam 1 bab dibagi beberapa sub bab, lalu pembagiannya berdasarkan sub bab.

Yang keempat adalah belajar buat jadwal.

Jika sudah jelas pembagian penulisan, maka segera membuat jadwal menulis. Anda dan anak bisa membuat jadwal menulis sendiri atau bersama-sama. Misalnya, anak menulis di sore hari, sementara Anda menulis diw aktu subuh. Bisa juga, punya jadwal menulis bersama yaitu khusus hari Minggu sore saja.

Yang kelima adalah saling mendukung

Jangan lupa untuk saling mendukung sama lain, ketika sudah selesai maka satukan semua naskahnya, hingga Anda bisa melakukan self editing sampai naskah benar-benar siap untuk menjadi buku. Tentu buku tersebut akan menjadi sejarah dan pengalaman berharga Anda dan sang anak juga.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com