Cara Menjual Buku Digital atau E-book

ebook manajemen waktu

Electronic book atau lebih dikenal dengan istilah e-book, memiliki pangsa pasar yang sama dengan pembaca buku tetapi terkendala oleh beberapa hal. E-book dapat menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pengetahuan, dari domisili mana saja, tengah melakukan apapun, dapat membaca berbagai judul tanpa perlu membawa tumpukan buku. Bagi Anda yang punya e-book dan ingin memasarkannya, coba lakukan beberapa hal berikut ini:

Satu, daerah yang sedikit akses ke toko buku.

E-book dapat menembak sasaran di pelosok daerah yang agar susah dijangkau oleh jasa kurir dan sudah terhubung dengan jaringan internet. Para penghuni di daerah tersebut tentu sedikit kesusahan ketika akan mendapatkan buku. Bahkan ada yang harus datang sendiri ke kantor jasa kurir tersebut. Namun, hal tersebut tidak terjadi jika memesan e-book.

Dua, pembaca luar negeri.

Selain itu, Anda dapat mengincar pembaca di luar negeri sebagai segmen e-book. Kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, membuat siapa saja dapat menerima e-book selama terjangkau oleh koneksi internet. Anda pun dapat mengincar pembaca dari Indonesia yang tengah menetap di negeri orang, sehingga pangsa pasar e-book karya Anda kian luas.

Tiga, siapa saja yang hobi membaca.

Bahkan, bagi orang sibuk yang sering melakukan perjalanan dinas atau bisnis dapat menjadi calon pembaca e-book. Para pelaku usaha atau karyawan yang tengah dinas di luar kota tersebut dapat menikmati e-book sembari di dalam alat transportasi, sehingga tidak terasa bosan selama rentang waktu perjalanan. Di mana saja dan siapa saja jadi dapat terhibur dengan hadirnya e-book.

Tentu saja, pembaca buku juga dapat menjadi pangsa pasar e-book. Bagi sebagian pembaca, e-book memiliki kelebihan yang tidak didapatkan lewat buku. Antara lain, berbagai judul e-book dapat disimpan dapat satu gadget, tidak perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk pergi ke toko buku, ringan dan mudah dibawa, dan masih banyak lagi.

Empat, tonjolkan ilmu yang lebih up date di e-book dari pada di buku yang sudah terbit.

Keuntungan membuat e-book tentu lebih cepat, sehingga isinya lebih up date. Termasuk ilmu sehingga menjadi nilai jual tersendiri. Beda dengan buku yang harus lewat proses percetakan hingga distribusi setelah terbit baru bisa dinikmati oleh pembaca. Maka, cari tema naskah e-book yang belum ada atau berbeda dengan buku yang sudah terbit.

Dalam menjual e-book, Anda juga membutuhkan ilmu-ilmu bisnis lainnya. Indscript Creative sendiri ingin memudahkan bagi siapa saja yang berbisnis, termasuk berbisnis produk e-book lewat training menulis atau training bisnis. Anda bisa mendapatkan informasi produk Indscript DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.