Cara Menjadi Resensor Buku

Resensor adalah pihak yang sudah membaca sebuah buku lalu memberikan pandangan serta mengupas isinya dalam sebuah tulisan. Dengan tujuan memberikan informasi apa yang ada di dalam buku dan sebagai referensi bagi calon pembaca. Namun, bagaimana cara menjadi resensor buku? Ada baiknya Anda membaca tips berikut ini.

Surat kabar, majalah, atau tabloid kerap memiliki rubrik resensi buku. Anda dapat menuliskan review buku lalu mengirimkan kepada media tersebut. Jika dimuat akan mendapatkan honor tertentu. Selanjutnya, kirim scan resensi di media ke penerbit buku tadi sebagai bukti. Beberapa penerbit memberikan apresiasi berupa sejumlah uang atau buku dengan judul lainnya.

Selain itu, membuat review di blog pribadi. Baik itu blog campuran atau tema tertentu. Tetapi ada baiknya memiliki blog khusus review buku. Penerbit masa kini mulai menyadari pentingnya blogger bagi promosi buku. Tidak jarang mengadakan program resensi kepada blogger buku. Para blogger bisa mendapatkan bacaan buku gratis hingga sejumlah uang.

Sebagai resensor tentu wajib meluangkan waktu untuk membaca buku. Demi mendukung aktivitas resensi harus memiliki target jumlah buku yang sudah dibaca dalam satu bulan. Caranya dengan menggunakan alat Metrik yang sudah melalui uji coba.

Bila dalam satu bulan punya target membuat resensi 15 buku, maka catat pada Metrik kalau setiap hari wajib menyelesaikan setengah buku. Alatnya bisa dipajang di dinding sehingga mengingatkan Anda terhadap target membaca. Itu artinya, dapat menghasilkan 15 tulisan resensi yang dikirim ke media atau posting di blog. Hal tersebut kian mendorong Anda menjadi resensor yang sesungguhnya.

Lalu, apa saja yang ditulis oleh resensor? Secara umum adalah membongkar isi di dalam buku, mulai sosok penulis, alur cerita, konflik, quote yang menarik, tokoh, kekurangan bila ada, hingga manfaat bagi pembaca, dan masih banyak lagi.

Indscript Creative sendiri ingin memudahkan bagi siapa saja yang berbisnis atau menjadi penulis, termasuk lewat training menulis atau training bisnis. Anda bisa mendapatkan informasi produk Indscript DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.