Cara Menjadi Penulis yang Produktif

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena menjadi panduan Anda bagaimana ketika harus menulis dari nol, karena menulis adalah keahlian yang butuh proses dan bukan butuh bakat. Selain itu, Anda harus mengetahui cara menjadi penulis produktif, yang tidak harus menunggu mood.

YANG JELAS, Tidak Ada yang Tidak Stuck Menulis

Sebenarnya, memang tidak ada penulis yang tidak pernah melalui masa stuck menulis. Semua penulis pasti pernah. Entah itu yang baru belajar menulis hingga penulis senior. Tapi bedanya, mereka yang profesional tahu apa saja yang harus dilakukan ketika stuck menulis. Kalau mereka bias, artinya Anda juga pasti bisa. Yang perlu Anda lakukan adalah:

Yang pertama adalah, tahu apa yang harus dilakukan ketika stuck menulis

Lalu

Yang kedua adalah, action saat itu juga

Jadi,

Nggak ada yang namanya malas menulis

Nggak bakal merasa nggak mood menulis

Ngaak akan ngerasa bosan menulis

Yuk ah

Kita belajar satu per satu

Apa saja yang harus Anda lakukan sebagai penulis

Agar, salah satunya tidak mengalami stuck menulis

Siap?

TERNYATA, Menulis Itu Butuh Kreativitasย 

Duh, saya merasa nggak kreatif nih

Eit, tahu nggak, kreativitas itu bukan datang begitu saja atau tergantung bakat. Tapi, kreativitas itu keahlian yang harus terus diasah. Bagaimana cara mengasah kreativitas sebagai penulis?

Yang pertama adalah, baca buku.

Dengan membaca buku, secara tidak langsung akan membuat Anda bisa mendapatkan inspirasi bagaimana menulis yang menarik itu. Mungkin, pada awalnya Anda akan sedikit meniru buku tersebut. Hal tersebut tidak apa-apananti perlahan-lahan punya ide baru.

Yang kedua adalah, cari di sekitar.

Lakukan ATM alias amati tiru dan modifikasi

Misalnya: saat ini booming drama korea, maka Anda bisa menggali kreativitas hal yang belum banyak diketahui tentang korea. Sebut saja, hasil mencari ide adalah Anda akan menulis gaya fashion baju sekolah.

Yang ketiga adalah, konsisten menulis.

Dengan konsisten menulis, secara tidak langsung mengasah kemampuan kreativitas Anda. Maka, rutinlah menulis.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung akan diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan langsung praktik ya.