Cara Menjadi Penulis sekaligus Pebisnis

Sebelumnya, Anda sudah harus membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena banyak juga ibu rumah tangga (IRT) yang produktif menulis sehingga Anda pasti juga bisa. Selain itu, bagi Anda yang menjadi pebisnis dan suka menulis, sangat bisa membuat buku dan salah satunya tentang mengelola tim, seperti ini:

Yang pertama adalah menjelaskan tim itu aset pebisnis.

Iya, aset, sama halnya dengan aset bisnis lain seperti komputer, smartphone, kantor, dan lainnya. Maka, harus merawat aset yaitu karyawan. Pasalnya, jika Anda sudah memberi training kepada karyawan hingga mereka berkembang pesat, lalu memutuskan berhenti bekerja tentu Anda akan kehilangan aset juga, kan?

Yang kedua adalah menjelaskan kenapa harus rekrut karyawan?

Bagi emak pebisnis yang dari rumah, awalnya tentu berat harus merekrut, meski hanya 1 karyawan, karena takut tidak bisa memberi gaji dan sebagainya. Padahal, jika ingin bisnisnya melesat memang membutuhkan tim. Jadi, jelaskan kenapa harus berani merekrut karyawan karena memang kebutuhan pebisnis.

Yang ketiga adalah menjelaskan jika merekrut karyawan maka setidaknya sudah membuka lapangan pekerjaan.

Nah, Anda sudah membantu, minimal 1 orang yang awalnya pengangguran jadi merasa diberdayakan dan mau produktif. Tentu jangan Anda jadikan karyawan sebagai beban karena harus membayar gajinya, tetapi ubah cara pandang yaitu pendukung bisnis Anda sehingga wajar kalau digaji.

Yang keempat adalah menjelaskan kalau sebaiknya Anda memberi kebebasan tim dalam bekerja.

Anda bisa menjelaskan goal dari tugas setiap karyawan itu apa saja, lalu jelaskan bagaimana cara mencapai goal tersebut, tapi pada prakteknya bisa membebaskan karyawan. Misalnya, tim CS punya cara tersendiri dalam menghadapi konsumen, meski tidak 100% sama dengan training dari Anda.

Yang kelima adalah jelaskan semua dalam 1 naskah.

Enaknya, Anda tentu bisa menyebarkan penjelasan tentang pentingnya karyawan bagi emak pebisnis lewat tulisan. Tulisan tersebut bisa menyebar ke mana saja bahkan kepada orang yang tidak Anda kenal sekalipun, tapi setidaknya Anda sudah berbagi dan memberi manfaat bagi mereka.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.