Cara Menjadi Penulis Produktif di Bulan Puasa Bagian 2

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena siapa saja bisa jadi penulis, termasuk dari kalangan ibu rumah tangga (IRT). Apalagi semua tipsnya sangat mudah dilakukan dari dalam rumah saja. Selain itu, di bulan puasa ini menjadi tantangan Anda bagaimana agar tetap bsia produktif menulis?

Yang pertama adalah Anda tetap harus jadwalkan.

Bisa jadi, ketika di bulan puasa maka jadwal Anda berubah. Misalnya, biasanya Anda menulis jam 8 sampai dengan jam 12, maka diganti menjelang berbuka puasa dan setelah sahur karena pikiran lebih fresh. Jadi, tentukan jadwal menulis Anda sekarang? Apakah sama atau berubah saja?

Yang kedua adalah bisa juga mengurangi target hariannya dulu.

Misalnya, ketika sebelum bulan puasa itu, Anda terbiasa menulis 3 halaman setiap harinya. Tapi ketika awal puasa tetap membutuhkan adaptasi terlebih dahulu. Jadinya, Anda memutuskan target hariannya itu 1 halaman saja. Bisa jadi, waktu menulis yang dibutuhkan juga lebih lama pula.

Yang ketiga adalah naikkan target sedikit demi sedikit.

Coba Anda naikkan target menulis sedikit demi sedikit. Misalnya, di 10 hari pertama di bulan puasa, Anda hanya bisa menulis 1 halaman setiap harinya. Lalu 10 hari kedua bisa naik 2 halaman setiap harinya. Kemudian di 10 hari terakhir bisa capau 3 halaman setiap harinya.

Yang keempat adalah lalukan kegiatan menulis dengan bahagia.

Mungkin, bagi Anda yang menulis itu harus ditemi oleh mood booster seperti segelas kopi, maka di bulan puasa ini tentu tidak bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih untuk menulis di siang hari meski tanpa kopi, atau malam hari karena harus dengan kopi. Yang penting kerjakan dengan bahagia.

Yang kelima adalah Anda tetap harus menulis.

Ini juga sangat penting karena Anda harus konsisten menulis meski di bulan puasa. Bulan suci ini tidak boleh jadi alasan Anda untuk boleh bermalas-malas, ya. Justru harus terus semangat.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.