Cara Menjadi Penulis Online, Khususnya bagi IRT

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua hal tersebut juga bisa dilakukan di dalam rumah saja dan bisa membuat ibu rumah tangga (IRT) menjadi penulis. Selain itu, Anda memang harus belajar menulis dari rumah. Beberapa berikut ini pilihan belajar bagi IRT yang bebas dilakukan kapan saja.

Yang pertama adalah membaca buku mengenai cara menulis dari nol.

Saat ini, banyak sekali buku-buku yang menjelaskan tahapan bagaimana menulis dari nol. Baik itu dari mulai mencari ide, mengembangkannya bagaimana, hingga hal teknis seperti harus memperhatikan panduan umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI). Anda bisa memilih buku yang isinya sesuai dengan karakter Anda.

Yang kedua adalah membaca artikel di online seputar tips menulis.

Saat ini, banyak sekali artikel online yang menerangkan bagaimana menulis dengan mudah. Ada juga tips-tips menulis seperti cara menulis novel, atau membuat copy writing, hingga ejaan yang benar. Jika bingung, Anda bisa memulai dengan googling sesuai dengan tips yang Anda butuhkan.

Yang ketiga adalah mengikuti training online.

Saat ini juga ada beberapa pilihan untuk mengikuti training menulis yang berlangsung secara online. Pilihan ini sangat cocok bagi IRT yang jam lowongnya tidak jelas. Meski mungkin Anda terlambat masuk β€œkelas” tapi setidaknya bisa belajar di kemudian waktu. Anda juga bisa menyimpan materinya sendiri.

Yang keempat menulis saat itu juga.

Sama halnya dalam dunia bisnis, dan dunia lainnya, begitu pula dengan di dunia penulisan, yaitu jika punya segunung ilmu tapi nol praktek maka tidak akan berdampak. Jadi, Anda harus mulai menulis apa saja saat ini juga dan tidak perlu ditunda lagi jika ingin menjadi penulis.

Yang keempat adalah mengikuti aktivitas diskusi di komunitas menulis.

Untuk menjadi penulis, memang sebaiknya Anda aktif di komunitas menulis. Pasalnya, di komunitas tersebut membuat Anda tahu lebih banyak seputar hal menulis, hingga jaringan agar kelak ada kerja sama dengan sesama anggota komunitas. Apalagi, saat ini juga ada komunitas menulis yang diskusinya secara online pula.

Salah satunya adalah komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) yang memang ingin melejitkan produktifitas para ibu di bidang penulisan, mendukung setiap anggotanya menerbitkan minimal 1 buku, dan mempererat kolaborasi positif antar anggota di berbagai bidang. Sudah lebih dari 4.231 buku yang terbit oleh anggota IIDN dan mayoritas adalah ibu rumah tangga (IRT) yang rempong.

Komunitas IIDN berada di payung Indscript Creative yang memang fokus pada pemberdayaan perempuan, khususnya di bidang menulis dan atau bisnis, agar perempuan di mana saja terus produktif, termasuk bagi yang banyak berada di dalam rumah. Untuk bergabung dengan komunitas IIDN silahkan KLIK DI SINI agar bisa masuk ke grup facebook-nya.