Cara Menjadi Penulis “Napas Panjang”

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar termotivasi untuk produktif dari rumah dengan menulis. Selain itu, bagi yang belum pernah menulis buku maka perlu trik tersendiri agar berhasil membuat naskah “napas panjang” tersebut. Pasalnya, Anda setidaknya harus membuat naskah sekitar 100 halaman.

Yang pertama adalah memilih tema yang Anda kuasai.

Kenapa? Karena akan memudahkan Anda juga dalam proses menulis nantinya. Misalnya gini, Anda sehari-hari suka bermain bersama anak sehingga cukup ceritakan kegiatan menarik sehari-harinya. Tentu akan susah ketika harus menulis tentang keuangan bisnis misalnya, karena Anda bukan pebisnis juga dan tidak ada pengalaman.

Yang kedua adalah mencicil naskah.

Jangan kaget karena harus membuat naskah hingga 100 halaman, tapi lakukan dengan dicicil. Tidak ada 1 buku yang hanya ditulis dalam 1 hari saja. Jadi, Anda harus bersabar dan melakukan prosesnya hingga naskah selesai. Pasalnya, ada juga yang baru jalan merasa lelah karena masih banyak yang harus ditulis.

Yang ketiga adalah membuat target harian.

Agar kegiatan menulis naskah buku tidak terlihat berat, ya Anda harus memiliki target harian. Misalnya, setiap hari harus menulis 1 halaman, maka dalam 100 hari ke depan atau 3 sampai 4 bulan kemudian, naskah sudah selesai, kan? Tentu waktu 4 bulan tersebut kalau dilalui tidak akan terasa berat.

Yang keempat adalah naskah sudah selesai? Lakukan self editing dulu.

Biasanya, draft pertama naskah itu pasti banyak kekurangannya, karena tujuan awal memang menuntaskan naskah terlebih dahulu tanpa memikirkan apakah menarik atau tidak. Baru ketika selft editing adalah momen Anda “mendandani” naskah agar makin menarik sehingga bisa membuat pembaca suka.

Yang kelima adalah ada juga buku yang bukan “napas panjang”.

Misalnya, kalau membuat buku di penerbit indie itu ada juga yang nggak wajib sampai 100 halaman. Selain itu, bisa juga di BUKUIN AJA! yang nggak harus punya 100 halaman naskah buku.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.