Cara Menjadi Penulis Dimulai dari Rasa Suka

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena banyak ibu rumah tangga (IRT) yang berhasil produktif menjadi penulis meski dari rumah saja, serta memiliki penghasilan sendiri juga. Selain itu, Anda harus mulai dari rasa suka menulis. Nah, bagaimana menjadikan kegiatan menulis itu menyenangkan?

Yang pertama adalah Anda harus menulis di mana saja.

Menulis itu nggak harus menunggu ada waktu luang, nggak harus menunggu punya laptop sendiri karena bisa sementara pakai ponsel atau di kerta dahulu, nggak perlu menunggu punya ruang kerja sendiri. Menulislah di mana saja, bisa ketika mudik, bisa ketika di perjalanan, asal produktif.

Yang kedua adalah Anda harus suka membaca.

Bahan bacaan adalah “modal” bagi penulis. Dengan membaca, Anda akan mendapatkan kosa kata baru yang secara tidak langsung bisa menempel di otak, mendapatkan referensi bagaimana membuat tulisan yang menarik dibaca, serta membuat otak berberpukir secara runut sehingga ketika menulis nantinya akan runut juga.

Yang ketiga adalah Anda harus mencoba menulis apa saja.

Terkadang Anda bingung harus menulis apa? Ya sebaiknya menulis apa saja dulu. Misalnya, mencoba menulis cerpen untuk dikirim ke majalah, mencoba menulis buku untuk dikirim ke penerbit, mejadi blogger, dan yang lainnya. Nanti akan ketahuan Anda itu cenderung atau cocoknya menulis untuk apa.

Yang keempat adalah berproses.

Menjadi penulis itu tidak butuh bakat, tapi butuh mau berproses dari yang awalnya tidak bsia membuat tulisan menarik, lalu akhirnya tulisannya bisa memikat pembaca. Jadi, ketika baru ditolak 5 x misalnya, ya jangan merasa harus stop menulis karena tidak berbakat, tapi butuh latihan lagi dan lagi.

Yang kelima adalah menulis itu tidak hanya menulis buku.

Saat ini banyak profesi dari menulis, seperti content writer, copy writer, blogger, script writer, resensor, dan masih banyak lagi. Jadi yang penting adalah Anda menulis dulu dan produktif hingga nanti lama-lama tahu kayaknya cocoknya menjadi profesi apa di dunia penulisan?

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.