Cara Menjadi Penulis dengan Meluruskan Niat

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar termotivasi untuk produktif dari rumah dengan menulis. Selain itu, sebaiknya Anda meluruskan niat kalau menulis itu agar bermanfata bagi pembaca dan tidak serta merta menghadapkan hal lainnya saja. Lalu bagaimana menulis hal yang bermanfaat itu?

Yang pertama adalah Anda bisa menulis meski tidak punya pengalaman yang banyak.

Misalnya, Anda ingin menulis tentang parenting, maka bisa menulis berdasarkan pengalaman sendiri meski mungkin anak masih balita, dan belum punya banyak pengalaman dibandingkan yang punya anak sudah remaja atau dewasa. Jadi, menulislah dari hal kecil tapi itu bisa sangat bermanfaat.

Yang kedua adalah Anda bisa menulis meski tidak memiliki posisi sebagai profesor.

Tidak perlu menjadi orang yang β€œbesar” dahulu dalam menulis. Siapa saja bisa menulis asal hal itu positif. Misalnya menulis pengalaman merawat anak demam, mungkin terlihat sepela tapi ada ibu-ibu di luar sana yang masih membutuhkan tulisan tentang itu.

Yang ketiga adalah Anda bisa menulis meski bukan hal besar.

Ingin menunggu berhasil membuat karya baru menulis? Atau melakukan penelitian lama baru mau menulis? Tidak harus kok. Anda bisa menulis kegiatan sehari-hari, selama itu hal positif dan ada hikmaknya bagi pembaca. Misalnya, kegiatan berkebun setiap hari itu bisa jadi tulisan menarik.

Yang keempat adalah Anda bisa menulis dari hal yang disukai atau hal yang dikuasi.

Misalnya, sehari-hari Anda memasak maka pasti menguasai seputar dapur. Anda bisa menulis seperti tips membersihkan dapur dengan praktis, tips masak agar minyak tidak menyiprat dan membuat dapur kotor, dan tips lainnya yang ringan tapi bisa bermanfaat.

Yang kelima adalah jika sudah selesai menulis maka bisa menawarkan ke penerbit.

Salah satu cara agar tulisan Anda dibaca oleh banyak orang bisa menyatukannya dalam buku. Anda bisa menawarkan naskah tersebut ke penerbit agar menjadi buku, atau ke penerbit indie, hingga bisa juga memilih lewat BUKUIN AJA!

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.