Cara Menjadi Penulis dengan Konsisten Menulis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena untuk ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, untuk menjadi penulis memang Anda harus konsisten menulis. Lalu yang menjadi masalah biasanya adalah, bagaimana bisa konsisten menulis?

Yang pertama adalah jangan tunggu mood tapi jadwalkan.

Memang menjadi penulis dilarang mengandalkan mood. Kalau nggak mood, terus nggak nulis dong? Wah, bisa gagal jadi penulis produktif. Maka, Anda harus jadwalkan kapan waktunya menulis? Misalnya, sebelum subuh karena sebelum beraktivitas IRT? Atau kapan? Anda sendiri kok yang harus menentukan waktunya.

Yang kedua adalah jangan nunggu lancar tapi paksa.

Aduh kok kesannya dipaksakan gitu? Memang awalnya dipaksakan karena nanti lama-lama jadi terbiasa. Misalnya, Anda sejak bekerja maka dipaksakan harus bangun pagi jam 5 subuh biar tidak terlambat. Awalnya berat tapi lama-lama kan bisa menjadi kebiasaan? Jadi begitulah agar bisa konsisten menulis.

Yang ketiga adalah jangan nunggu bagus tapi menulis saja.

Ini juga tidak kalah penting. Pasalnya ada penulis yang sibuk menulis, tapi setiap 1 paragraf, lalu dibaca lagi, dan merasa tidak menarik, lalu delete, begitu seterusnya sampai tidak pernah 1 naskah selesai ditulisnya. Maka, menulis sajalah dahulu, karena ada momen self editing untuk memperbaikinya.

Jadi, pasti bisa konsisten karena terbiasa.

Ini memang harus Anda sendiri yang membiasakan untuk berkomitmen menulis. Ketika Anda sudah terbiasa menulis, lalu ada 1 hari tidak menulis, tidak menghadap laptop atau komputer, tentu akan merasa ada yang kurang. Pasalnya, kegiatan menulis sudah menjadi bagian dari kehidupan Anda dan kegiatan yang menyenangkan.

Ibarat, awalnya merangkak kan bisa jalan?

Itulah agar bisa konsisten. Dari yang awalnya hanya menulis ketika ada mood, lalu dengan dipaksa konsisten, akhirnya bisa menulis meski lagi nggak mood. Bahkan, Anda sendiri yang bisa mengatur kapan mood menulis harus datang, lho. Jadi, tetap produktif menulis kapan saja dan di mana saja.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.