Cara Menjadi Penulis dengan Bekerja Sama

Sebelumnya, Anda sudah harus membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena banyak juga ibu rumah tangga (IRT) yang produktif menulis sehingga Anda pasti juga bisa. Selain itu, tidak menutup kemungkinan Anda membuka peluang kerja sama menulis, dengan siapa saja. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah:

Yang pertama adalah tentukan dengan siapa Anda akan bekerja sama.

Tidak harus Anda yang menentukan akan bekerja sama dengan siapa. Bisa saja, Anda bingung harus bekerja sama dengan siapa. Untuk itu, Anda harus punya kriteria seperti apa sih yang Anda butuhkan? Misalnya yang bisa menulis sebelum DL tanggal sekian, dan lainnya.

Yang kedua adalah tentukan tema apa yang akan Anda pilih.

Ini juga harus Anda perhatikan. Misalnya Anda hanya terpikir tema yang umum, lalu mencari teman penulis baru menentukan tema yang khusus itu apa. Misalnya, ingin menulis buku anak, lalu setelah punya partner menulis baru lebih spesifik ke naskah anak yang seperti apa?

Yang ketiga adalah tentukan penulisannya gimana?

Biasanya dari tema itu bisa ketahuan cocoknya gaya penulisannya gimana? Misalnya, menulis buku anak tentu gaya penulisannya ringan, pendek, dan mudah dipahami oleh anak. Tapi bisa juga ingin menulis novel yang gaya penulisan romance, atau sastra, atau bagaimana? Sebaiknya tentukan dulu agar hasil tulisan tidak berbeda jauh.

Yang keempat adalah tentukan timeline masing-masing penulis.

Tidak hanya Anda saja, tapi teman penulis juga harus punya timeline. Misalnya, bab 1 yang Anda tulis harus selesai tanggal berapa, lalu bab 2 itu bagian teman harus selesai tanggal berapa, dan seterusnya. Iya harus detail tanggal berapa ya timeline itu.

Yang kelima adalah tentukan nantinya akan bagaimana?

Buat kesepakatan dengan teman penulis kalau naskahnya nanti itu untuk apa? Misalnya, untuk ikut lomba menulis, atau ingin masuk ke penerbit mayor, atau sebaiknya menerbitkan diri sendiri, atau bagaimana?

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com