Cara Menjadi Penulis dari Hobi Membuat Status

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar termotivasi untuk produktif dari rumah dengan menulis. Selain itu, buat Anda yang hobi membuat status, baik di facebook (FB) atau di whatsapp (WA), bisa mendokumentasikan semuanya di buku. Tapi, harus tetap perhatikan beberapa hal ini:

Yang utama adalah ada “benang merahnya”.

Jadi, tidak asal mengumpulkan semua tulisan status Anda tapi harus ada “benang merahnya” sehingga isi bukunya juga tidak seperti gado-gado. Kalau ada “benang merahnya” juga memudahkan Anda mencari pembaca yang akan tertarik membeli atau membaca itu siapa saja. Masih bingung bagaimana mencari “benang merah” tersebut? Coba pilih contoh ini:

Yang pertama adalah konsisten menulis status tentang motivasi.

Mungkin Anda suka menyetatus tentang motivasi? Maka terus konsisten menulis hal tersebut sekaligus bisa menabung naskah buku. jika Anda berkomitmen akan membuat status tentang motivasi setiap harinya, sehingga dalam 4 bulan bisa punya 120 status sehingga bisa menjadi satu buku motivasi juga.

Yang kedua adalah konsisten menulis status tentang tips bisnis.

Bagi Anda yang menjadi pebisnis, sangat mungkin menulis buku dan bisa dari hal terdekat. Misalnya menulis hari ini menghadapi masalah apa, lalu besoknya tentang bagaimana solusi yang dilakukan, lalu besoknya cerita omzet naik karena ini itu, dan masih banyak lagi, sehingga bisa menjadi buku tips bisnis.

Yang ketiga adalah konsisten menulis status tentang kegiatan anak-anak.

Mungkin Anda suka menulis parenting? Bisa dari pengalaman sendiri saja seperti kegiatan bersama anak di rumah yang bisa menambah kecerdasan sekaligus kedekatan anak dengan orang tua. Misalnya nantinya bisa membuat 30 ide kegiatan anak di rumah bersama orang tua pasti menarik juga.

Selanjutnya adalah menawarkan naskah tersebut ke penerbit.

Anda bisa mengumpulkan status yang ada “benang merahnya” tersebut ke penerbit. Jelaskan juga kalau naskah tersebut dari status harian Anda. Selain itu, bisa juga memilih ke penerbit indie atau ke BUKUIN AJA!

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.