Cara Menjadi Penulis Buku: Melakukan Wawancara untuk Riset

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, artikel ini berisi tips pentingnya wawancara untuk riset buku.

SATU. Wawancara Itu Mengembangkan Wawasan dan Objectivitas dalam Menulis
Suka menulis? Tahu nggak, kalo Anda punya keahlian wawancara, itu bisa bikin hasil tulisannya makin menarik. Nggak hanya itu kok.
Jadi, apa manfaat wawancara buat profesi penulis
1. Menambah wawasan
Anda kan wawancara itu tanya-tanya. Pastinya, secara nggak langsung bikin Anda jadi tahu hal baru. Misalnya, Anda selama ini menulis novel. Tapi suatu hari dapat proyek menulis feature mengenai sosok pebisnis inspiratif. Nah, di sesi wawancara itu, Anda jadi tahu terlebih dahulu bagaimana menjadi pebisnis itu. Tuh kan, dapat wawasan baru soal dunia bisnis.
2. Melatih obyektifitas tulisan
Tulisan kan hasil pemikiran diri sendiri, tapi adakalanya, tulisan harus obyektif, alias, tanpa secuil campur tangan pendapat Anda. Nah, nggak mudah lho. Dari yang terbiasa subyektif lalu harus obyektif. Tenang, semua itu bisa dilatihΒ . Asal, kamu tulis apa saja dari hasil wawancara sebelumnya. Kan, kalau dari data wawancara pasti tidak ada campur tangan pemikiran Anda.
DUA. Wawancara Tak Perlu Bertemu
Kalo dulu, wawancara harus janjian dulu. Dulunya, wawancara wajib bertatap muka langsung. Kini, dengan kemudahan akses internet, Anda bisa wawancara dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, tidak harus langsung janjian dulu.
Ada beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk wawancara, seperti:
Email
Whats app => ada chatting, voice call, video call
Telegram
Imbox FB
Dll
Tergantung narasumber bisa dihubungi lewat media yang mana? Anda berada di rumah di pelosok Indonesia, sedangkan narasumber berada di luar negeri misalnya, tetap bisa, asal, ada koneksi internet. Asyik, kan? Jadi lebih mudah.
Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.