Cara Menjadi Penulis Buku dari Nol

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena hal-hal tersebut bisa Anda lakukan di dalam rumah sekaligus bisa membuat Anda berhasil menjadi penulis produktif. Selain itu, artikel ini khusus bagi Anda, ibu rumah tangga (IRT), yang ingin mulai menulis. Berikut ini yang bisa Anda lakukan:

Yang pertama adalah menulis apa saja dulu.

Iya, Anda bisa menulis apa saja. Misalnya, suka masa ya bisa menulis tentang resep sesuai pengalaman pribadi, atau Anda suka berkebun maka menulis saja bagaimana bisa berkebun di rumah dengan lahan kecil, atau kegiatan apa saja juga bisa Anda tulis kok. Jadi harus menulis apa saja.

Yang kedua adalah Anda bisa membaca apa saja.

Ini juga penting, karena dengan membaca maka Anda pelan-pelan menyerap beberapa kosa kata sehingga ketika menulis nantinya akan punya perbendaharaan kata yang banyak agar menarik. Selain itu, bisa membuat otak Anda terbiasa berpikir secara runtun, sehingga ketika menulis juga runtun dan lebih menarik.

Yang ketiga adalah aktif di komunitas menulis.

Saat ini, banyak juga komunitas menulis yang diisi oleh perenpuan, atau IRT, atau mau komunitas menulis yang umum juga ada. Anda harus aktif di dalamnya sehingga bisa kenalan dan belajar dari penulis lain, lalu Anda juga bisa ikut diskusi di komunitas tersebut, hingga dapat motivasi.

Yang keempat adalah terus menulis.

Pada awalnya, yang penting Anda terbiasa menulis atau berhasil menyelesaikan 1 tulisan dulu. Soal apakah menarik atau tidak, nanti ada waktu sendiri, yaitu ketika self editing. Jadi teruslah menulis dan jangan takut kalau tulisannya jelek, karena dengan terus menulis maka pasti tulisannya semakin berkembang dan menarik.

Yang kelima adalah coba kirim tulisan Anda.

Anda bisa diam-diam mengirimkan tulisan ke penerbit, ke media, dan ke mana saja. Toh, kalau ditolak juga tidak ada yang tahu, kan? jadi jangan ragu untuk kirim naskah dan jika ditolak ya pelajari kemudian perbaiki, karena pasti suatu saat akan diterima.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.