Cara Menjadi Penulis Buku dari Nol dan dari Rumah Saja

Cara Menerbitkan Buku Gratis

Sebelumya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena sebagai ibu rumah tangga (IRT) dan ingin produktif dan berpenghasilan dari berbisnis atau menulis, harus konsisten terhadap manajemen. Selain itu, bagi Anda yang ingin menjadi penulis harus mau memulai semuanya dari nol.

Semua penulis, termasuk yang sekarang senior dan lebih popular, pasti mulai dari titik nol. Mulai dari penulis yang tidak pernah dikenal. Bedanya, sekarang mereka sudah mulai dikenal. Artinya, Anda juga bisa mengikuti jejak mereka.

Yang pertama adalah, siap melakukan promosi apa saja

Penulis Cuma bikin tulisan aja? Ah, sudah nggak zamannya itu. Sekarang itu, penulis juga aktif promosi dan penulis juga siap branding. Kenapa? Karena kompetitor alias penulis lain jumlahnya makin banyak, agar bisa mencuri perhatian konsumen, ya Anda harus punya branding, agar branding Anda dikenal masyarakat luas, ya harus promosi.

Jadi, alurnya gini: Karya tulisan => promosi => branding penulis

Promosi bisa dilakukan di:

– Media sosial pribadi, Anda bisa share hasil tulisan ato promo buku

– Kegiatan kopdar dengan membawa buku karya Anda

– Menyebarkan kartu nama saat bertemu orang asing lalu ceritakan kegiatan menulis Anda

Jadi, APAPUN dan DI MANA PUN harus promosi

Yang kedua adalah, menempatkan diri sebagai penulis yang berbeda

Branding itu, Anda ingin dikenal sebagai penulis apa?

Penulis romance dewasa?

Blogger profesional?

Copywriter?

Ato apa?

Tentukan sekarang juga!

Caranya?

Ya kenali, Anda lebih nyaman menulis sebagai apa?

Jika suka liputan event dan menulis di blog, maka jadilah blogger

Jika suka mengarang cerita, maka pilih penulis novel

Jika suka promosi lewat tulisan, maka branding sebagai copywriter

Semakin spesifk semakin menarik. Misalnya: suka menulis novel roamnce dewasa. Maka, Anda tidak menulis novel remaja atau novel anak-anak

Yang ketiga adalah, branding murah itu di social media

Apalagi, sekarang zamannya media social. Tahu nggak, media sosial itu alat branding yang mudah. Caranya? Cukup ceritakan kegiatan Anda yang berkaitan sebagai penulis.

Contoh:

Hari ini pasang target menulis 5 halaman. Ternyata berhasil. Resepnya itu tidak melirik media sosial dulu. Jadi, nulis dulu baru intip medsos.

=> tuh kan, sederhana aja

Contoh lain:

Hari ini harus mengantarkan anak ke tempat les karena ayahnya tidak bisa. Sambil menunggu, lumayan lho bisa menulis 2 halaman di HP. Walo jempol makin keritng wkwkwkwk

=> seperti di atas juga bisa

Yang keempat adalah, branding itu Anda sendiri

Anda cukup mengenali, kira-kira cocoknya nulis apa? Lalu sebarkan sebagai penulis hal tertentu. Sebarkan lewat bercerita . Ceritanya juga bisa di media sosial kok. Jadi, no more nulis galau di medsos ya, hihihih.

Sudahkah Anda menemukan branding-nya? Catat! Selanjutnya, konsisten menulis status soal menulis, ya.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.