Cara Menjadi Penulis Buku bagi yang Bekerja

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, artikel ini akan khusus buat wanita karir di luar rumah dan suka menulis serta ingin jadi penulis buku.

Yang pertama adalah yakin kepada diri sendiri kalau bisa bekerja dan menulis

Tahukah jika siapa saja dan dari latar belakang apapun, memiliki kesempatan yang sama agar berhasil menulis buku? Jika profesi Anda adalah pebisnis, CEO perusahaan, pejabat pemerintahan, karyawan, hingga mahasiswa, dan yang lainnya, juga dapat mewujudkan impian menjadi penulis buku.

Yang kedua adalah pilih tema yang mudah

Agar proses menulis buku Anda berjalan lancar, ada baiknya memilih tema yang sangat dikuasai. Sebagai contoh, Anda adalah pebisnis kuliner maka dapat membuat buku mengenai bisnis kuliner, resep, dan lainnya. Sedangkan jika Anda adalah karyawan di bidang pajak juga dapat menulis buku seputar dunia perpajakan. Maka, temukan bidang yang Anda kuasai dahulu.

Yang ketiga adalah jadwalkan kapan menulis

Untuk itu, Anda harus siap meluangkan waktu khusus menulis buku. Saat Anda sudah membuat rencana akan menulis pada waktu tertentu, maka harus mematuhi dengan melakukannya secara konsisten. Bisa juga mengikuti kelas menulis yang berlangsung singkat tetapi sangat padat, agar Anda berhasil menulis buku hingga tuntas.

Yang keempat adalah siapkan reward dan punishment

Reward itu dari diri sendiri dan buat diri sendiri. Contoh: boleh jajan es krim kalo target harian terpenuhi selama seminggu. Apapun yang bikin Anda semangat menulis lagi. Lalu pilih punishment yang memotivasi. Gitu juga cari punishment yang pas. Misal: bayar 10 ribu ke suami jika target menulis harian meleset. Ah, duit 10ribu tetep sayang banget, kan, hehe.

Yang kelima adalah konsisten

Jangan ditunda lagi. Tapi Anda harus segera menulis saat ini juga. Tidak perlu banyak tapi konsisten menulis setiap hari. Misalnya, setiap hari hanya bisa setengah halaman, maka tidak terasa dalam waktu sekitar 5-6 bulan ke depan, naskah Anda sudah selesai.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.