Cara Menjadi Penulis bagi IRT yang Punya Bayi

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena sekarang banyak sekali ibu rumah tangga (IRT) yang menjadi penulis produktif dan Anda bisa mengikuti jejaknya. Selain itu, bagi ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah dan punya bayi tentu butuh trik tersendiri agar bisa produktif menulis.

Yang pertama adalah kenali waktu kebutuhan bayi.

Masing-masing punya kebutuhan tersendiri. Misalnya, ada yang jam tidurnya lebih lama, ada yang waktu menyusu-nya lama, dan yang lainnya. Anda bisa mulai mengenali jam berapa bayi minta menyusu, kapan biasanya tidur, sehingga lebih mudah tahu kapan waktunya menulis juga, sehingga punya bayi tetap bisa produktif.

Yang kedua adalah sempatkan untuk membuat outline tulisan.

Untuk memudahkan Anda menulis, maka sebaiknya membuat outline terlebih dahulu. Outline itu semacam kerangka karangan, kalau nanti akan menulis apa saja, mau menulis tentang apa saja dulu, alurnya gimana, dan lainnya agar proses menulis semakin lancar juga. Bisa dibilang, agar tidak terkena writer’s block.

Yang ketiga adalah sempatkan menulis.

Memiliki bayi memang membutuhkan tenaga karena banyak yang masih sering bangun di tengah malam. Meski begitu, Anda harus menyempatkan diri untuk menulis. Misalnya, Anda hanya bisa menulis 15 menit setiap harinya, ya tidak apa-apa, asal konsisten nanti lama-lama bisa meningkat kok. Dari yang 15 menit cuma 1 paragraf, bisa jadi 1 halaman.

Yang keempat adalah kenali waktu menulis.

Agar Anda sempat menulis, maka memang harus tahu kapan waktu tepat menulis. Misalnya, Anda menulis dini hari sebelum subuh datang. Pasalnya, bayi Anda sering bangun sekitar pukul 3 pagi lalu tidur. Jadinya, Anda bisa menulis sejenak dahulu ektika bayi tidur.

Yang kelima adalah konsisten menulis maka bisa membuat naskah buku.

Misalnya gini, setiap hari Anda hanya bisa menulis 1 halaman, maka dalam 120 hari, atau sekitar 4 bulan, Anda sudah punya minimal 1 naskah buku. Ingat, menulis buku bukan lomba yang harus cepat-cepatan.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.