Cara Menjadi Penulis bagi IRT yang Punya Balita

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena sekarang banyak sekali ibu rumah tangga (IRT) yang menjadi penulis produktif dan Anda bisa mengikuti jejaknya. Selain itu, bagi IRT yang punya balita tentu butuh trik tersendiri karena balita umumnya lebih banyak bereksplorasi. Berikut ini tipsnya.

Yang pertama adalah tetap biarkan balita bereksplorasi.

Masa balita memang sering berekplorasi, misalnya bermain di dalam rumah hingga terlihat berantakan, mainan di mana-mana, atau sering jalan-jalan ke luar rumah dan bermain outdoor. Maka, biarkan balita melakukan apa yang dia inginkan. Jadi Anda tetap harus punya waktu khusus bersama balita bermain sepuasnya.

Yang kedua adalah menemani anak bermain sambil mencari ide.

Namanya perempuan, terkenal dengan sosok yang multitasking. Nah, Anda bisa menfaatkan hal tersebut. Misalnya, ketika bermain bersama anak, mungkin anak hanya ingin bermain di samping Anda, lalu Anda bisa mencari ide atau membuat coretan akan menulis apa. Maka, ketika waktu menulis datang bisa langsung mulai.

Yang ketiga adalah membuat to do list.

Bagi IRT yang punya balita, mungkin sempat menulis hanya ketika anak tidur, baik tidur siang atau tidur malam, atau bahkan ada yang masih suka tidur pagi atau sore hari. Jika Anda punya to do list akan memudahkan Anda tahu harus menulis apa dahulu, ketika anak sudah tidur.

Yang keempat adalah kenali kapan Anda bisa menulis.

Untuk mengetahuinya, memang Anda harus mencoba hingga menemukan polanya. Ada anak yang melarang ibunya mengetik jadi hanya bisa menulis ketika anak tidur, atau ada anak yang hanya ingin bermain di samping ibunya jadi Anda bisa sambil mengetik juga.

Yang kelima adalah langsung menulis di waktunya menulis.

Misalnya, waktu menulis Anda hanya ketika anak tidur. Maka saat anak tidur jadinya Anda harus menulis, jangan cek FB, nggak pakai ngintip status WA teman dulu, meski godaaan tersebut sangat besar. Ingin jadi penulis kan? ya harus utamakan menulis dahulu.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.