Cara Meningkatkan Produktivitas agar Bisnis Melesat

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar membuat Anda bisa lebih antisipatif terhadap kemungkinan akan menghadapi berbagai masalah. Selain itu, Anda harus tahu bagaimana meniingkatkan produktivitas sehingga bisa memberi dampak positif bagi bisnisnya. Mari sama-sama melakukan evaluasi agar bisa meningkatkan produktivitas.

Yang pertama, tanyakan apakah bisa dipercepat?

Produktif adalah bisa mengisi waktu dengan efektif dan efisien. Misalnya, 1 pekerjaan yang awalnya bisa dikerjakan selama 1 jam, karena pekerjaan itu dilakukan setiap hari sehingga bisa meningkatkan keahlian, lalu sekarang bisa menyelesaikan hanya dalam waktu 45 menit. Nah, apakah ada pekerjaan yang sekiranya sudah bsia dipercepat waktunya?

Yang kedua, tanyakan apakah sudah bisa melakukan tugas lain?

Dalam berbisnis, Anda dan tim tentu ingin berkembang. Maka, jangan kerjakan pekerjaan itu-itu saja dari waktu ke waktu, sehingga tingkatkan kemampuan dengan mendapatkan tugas yang baru. Misalnya, admin dulunya hanya mengurus order, tapi kemudian berkembang bisa melakukan prospek layaknya sales sehingga ada insentif.

Yang ketiga, tanyakan apakah sebaiknya bekerja sama dengan tim atau sendiri aja?

Ada pekerjaan yang harus dikerjakan seorang diri, dan ada pekerjaan yang harus dikerjakan oleh tim. Contohnya, Anda berbisnis jasa penulisan, maka untuk pekerjaan conten writing bisa dikerjakan 1 orang, sementara mungkin untuk menulis buku biografi butuh kerja sama tim yaitu reporter, penulis, fotografer, dan lainnya.

Yang keempat, tanyakan apakah ada yang tidak perlu dikerjakan?

Nah, ini juga perlu Anda tanyakan dalam melakukan perbaikan kinerja. Misalnya, dulu tim admin harus mencatat order di buku tulis dan di komputer, maka kemudian Anda memutuskan menggunakan komputer saja asal bisa terkoneksi dengan komputer Anda, dan ada file bakc up.

Mungkin pada awalnya berat karena seolah membuat Anda dan tim “berlari” karena harus beradaptasi dengan melakukan pekerjaan baru. Tapi lama-lama pasti bisa karena terbiasa.

Tips ini juga bisa dilakukan bagi yang berbisnis jaringan. Khusus bagi yang berbisnis jaringan atau MLM, tentu punya tugas menawarkan produk sekaligus masuk ke dalam jaringannya. Untuk memudahkan Anda, cukup buka MLM’ers Success Board lalu isi sesuai instruksi sehingga tahu bagaimana melesatkan bisnis MLM-nya. Di dalamnya ada beberapa 10 hal yang harus dipersiapkan bagi pebisnis MLM, mulai dari identifikasi hingga evaluasi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: