Cara Meningkatkan Pelayanan kepada Pelanggan yang Mudah Dilakukan

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan? Selain itu, Anda juga harus mengenali bagaimana membuat pelayanan yang baik, karena pelayanan adalah hal yang dinilai oleh konsumen. Jika pelayanan lama meski produknya dibutuhkan, maka konsumen akan memilih kelak akan berbelanja di kompetitor saja.

Yang pertama, harus bersikap sopan.

Ini terlihat sederhana tapi penting. Bahkan Anda juga harus memberi edukasi kepada tim CS agar bersikap sopan, meski mungkin berhadapan dengan konsumen yang menyebalkan. Pasalnya, konsumen bsia berubah. Mungkin saat itu ia menyebalkan, tapi siapa tahu kelak justru membeli dalam jumlah banyak. Jadi, bersikap sopan selalu.

Yang kedua, mengenali target market agar lebih dekat.

Kenapa konsumen mau berbelanja kepada Anda, bukan ke kompetitor, bisa jadi karena selama ini Anda menjaga komunikasi dengan target market, sehingga mereka merasa nyaman, hingga nyaman berbelanja di tempat Anda. Mereka akan merasa Anda sebagai teman yang memberi solusi lewat produk yang dijualnya.

Yang ketiga, cerialah.

Apapun mood Anda hari ini, maka tetap ceria ketika berhadapan dengan konsumen. Meski mungkin, tadi pagi sempat kesal karena bangun kesiangan sehingga sekarang harus mengerjakan banyak hal dalam waktu cepat. Singkirkan dulu bad mood tersebut setiap berhadapan dengan konsumen, baik offline atau online, karena bisa mempengaruhi pelayanan nantinya.

Yang keempat, kasih informasi sesuai keinginan mereka.

Jadi, jangan mengarahkan konsumen membeli barang tertentu. Misalnya, ada konsumen tanya produk A, tapi Anda terus mengarahkan beli Produk B saja karena berbagai alasa, padahal karena Produk B lebih mahal sehingga Anda bisa lebih dapat keuntungan besar. Maka, berikan beberapa solusi dan biarkan konsumen yang memilih sendiri.

Yang kelima, ucapkan terima kasih atau kasih pujian.

Contohnya, “Kalau pakai gamis ini kelihatan cerah karena warnanya terang dan cocok buat acara malam.” Sampaikan kata terima kasih juga setiap usai berbelanja karena bisa membuat konsumen nyaman lalu order lagi.

Bagi Anda yang punya reseller, bisa mengajarkan 5 hal di atas. Selain itu, tanpa ilmu bisnis membuat Anda bingung bagaimana mengelola tim agar menjadi superteam. Namun, kendala bagi IRT yang berbisnis adalah waktu yang tidak banyak untuk belajar. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: